• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Bawaslu Bertugas Memastikan Pemilu Adil dan Demokratis

Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin saat menjadi pembicara A Regional Forum of Media and CSOs Roundtable Consultan Meeting di Tangerang, Jumat 21 Juni 2019/Foto: Hendi Purnawan

Tangerang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin mengatakan, salah satu tugas utama Bawaslu adalah memastikan pemilu bisa berjalan adil dan demokratis. Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai jika ada ruang yang memadai bagi peserta pemilu bertarung secara bebas dalam bidang yang setara.

"Bawaslu secara serius memperhatikan apa yang akan dilakukan di masa mendatang untuk menjaga keharmonisan, kedamaian, dan pluralisme. Meskipun, ada perbedaan politik," ucapnya dalam Bahasa Inggris saat menjadi pembicara A Regional Forum of Media and CSOs Roundtable Consultan Meeting di Tangerang, Jumat (21/6/2019).

Lelaki yang akrab disapa Afif ini menegaskan, Bawaslu tak bisa bekerja sendiri. Dia bilang, perlunya inisiatif dan mitra dengan kekuatan demokrasi dalam melestarikan, mempromosikan, dan mempertahankan demokrasi di tingkat nasional dan regional.

Baca juga: Silaturahmi Penyelenggara Pemilu, Afif Bandingkan Pemilu di Afganistan

Dirinya mengaku berbangga Bawaslu bisa menjadi bagian dari Jaringan Demokrasi Asia (ADN/Asia Democracy Network) dan Aliansi Pers Asia Tenggara (SEAPA/Southeast Asian Press Alliance). Afif berharap di masa mendatang akan ada interaksi antara semua lembaga dalam pro demokrasi.

"Saya berharap forum ini bisa melihat strategi yang baik, aplikatif, dan nyata dari media dan pemangku kepentingan dalam merebut kembali ruang sipil. Sebagai ruang yang ingin kami kembangkan untuk memiliki demokrasi yang kuat," ungkapnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Konferensi Nasional Pengawasan dan Penegakan Keadilan Pemilu
Konferensi Nasional Pengawasan dan Penegakan Keadilan Pemilu

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu