• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Bawaslu Bertugas Memastikan Pemilu Adil dan Demokratis

Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin saat menjadi pembicara A Regional Forum of Media and CSOs Roundtable Consultan Meeting di Tangerang, Jumat 21 Juni 2019/Foto: Hendi Purnawan

Tangerang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin mengatakan, salah satu tugas utama Bawaslu adalah memastikan pemilu bisa berjalan adil dan demokratis. Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai jika ada ruang yang memadai bagi peserta pemilu bertarung secara bebas dalam bidang yang setara.

"Bawaslu secara serius memperhatikan apa yang akan dilakukan di masa mendatang untuk menjaga keharmonisan, kedamaian, dan pluralisme. Meskipun, ada perbedaan politik," ucapnya dalam Bahasa Inggris saat menjadi pembicara A Regional Forum of Media and CSOs Roundtable Consultan Meeting di Tangerang, Jumat (21/6/2019).

Lelaki yang akrab disapa Afif ini menegaskan, Bawaslu tak bisa bekerja sendiri. Dia bilang, perlunya inisiatif dan mitra dengan kekuatan demokrasi dalam melestarikan, mempromosikan, dan mempertahankan demokrasi di tingkat nasional dan regional.

Baca juga: Silaturahmi Penyelenggara Pemilu, Afif Bandingkan Pemilu di Afganistan

Dirinya mengaku berbangga Bawaslu bisa menjadi bagian dari Jaringan Demokrasi Asia (ADN/Asia Democracy Network) dan Aliansi Pers Asia Tenggara (SEAPA/Southeast Asian Press Alliance). Afif berharap di masa mendatang akan ada interaksi antara semua lembaga dalam pro demokrasi.

"Saya berharap forum ini bisa melihat strategi yang baik, aplikatif, dan nyata dari media dan pemangku kepentingan dalam merebut kembali ruang sipil. Sebagai ruang yang ingin kami kembangkan untuk memiliki demokrasi yang kuat," ungkapnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu