• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Pemilu 2019 Sejarah Penting, Perlu Diabadikan dalam Bentuk Laporan Komprehensif

Ketua Bawaslu Abhan saat menjadi narasumber dalam kegiatan Rakor Peningkatan Kapasitas SDM dalam Evaluasi Penyusunan Laporan Komprehensif Pemilu 2019, Senin (30/09/2019) di Palangkaraya Kalimantan Tengah/Foto: Bhakti Satrio

Palangkaraya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan, dorong Bawaslu daerah untuk menuangkan catatan Pemilu 2019 ke dalam laporan yang komprehensif. Menurutnya, ini perlu dilakukan karena Bawaslu telah mencatat sejarah baik dalam Pemilu sebelumnya.

"Menulis adalah sebuah kegiatan untuk keabadian. Maka penting dalam kegiatan ini untuk menyusun laporan komprehensif," ujar Abhan saat menjadi narasumber dalam kegiatan Rakor Peningkatan Kapasitas SDM dalam Evaluasi Penyusunan Laporan Komprehensif Pemilu 2019, Senin (30/09/2019), di Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Dia berharap, laporan yang disusun bukan sekadar laporan untuk memenuhi syarat formal saja. Oleh karena itu, Abhan berpendapat perlu ditentukan sistematika penulisan yang nantinya dapat dikoreksi dan yang kurang baik dapat diperbaiki.

Abhan mengatakan, laporan ini dapat digunakan sebagai informasi yang dapat diakses publik di masa mendatang. Tidak hanya itu, laporan yang baik nantinya dapat menjadi rujukan bagi akademisi sebagai rujukan dalam menulis skripsi, thesis, atau jurnal ilmiah.

"Jadi kalau publik ingin tahu apa yang terjadi untuk pemilu di suatu daerah tinggal klik lalu informasi semuanya sampai. Jadi mereka enggak perlu kesulitan," sebutnya.

Abhan menekankan, pencatatan laporan menjadi hal yang penting karena belum tentu Pemilu berikutnya akan sama dengan Pemilu 2019. Dengan kesuksesan yang telah dicapai, maka sejarah yang telah ditorehkan Bawaslu dalam mengawasi Pemilu 2019 perlu diabadikan. Bahkan ia menegaskan laporan ini harus jadi literasi publik.

"Klaim anda bahwa anda pernah menjadi Panwascam, Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota, dsb, tetapi ini hanya omongan saja. Capaian anda tidak akan bisa direkam dan diketahui oleh publik. Maka sangat penting bahwa apa yang kita lakukan terdokumentasi dengan baik dalam satu buku laporan kinerja pengawasan komprehensif pelaksanaan tugas-tugas pemilu. Itu yang akan dicatat dalam sejarah," pungkas Abhan.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu