• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Laporan Pengawasan Jadi Akuntabilitas Bawaslu untuk Publik

Ketua Bawaslu Abhan saat membuka Rapat Penyusunan Review Laporan Bawaslu Provinsi dan Review Laporan Bawaslu Kabupaten/Kota Tahap III di Denpasar, Bali, Selasa 20 Agustus 2019/Foto: M. Zain T

Denpasar, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Abhan menyatakan laporan akhir hasil pengawasan pemilu yang dibuat oleh Bawaslu Kabupaten/Kota merupakan bentuk akuntabilitas lembaga pengawas pemilu pada Pemilu 2019. Bawaslu pun telah rampung mereview 514 laporan untuk memastikan laporan tersebut telah sesuai parameter yang telah ditentukan.

“Ini adalah akuntabilitas kita, selama Pemilu 2019 adalah laporan akhir yang ada nilai literasi untuk publik” kata Abhan saat membuka Rapat Penyusunan Review Laporan Bawaslu Provinsi dan Review Laporan Bawaslu Kabupaten/Kota Tahap III di Denpasar, Bali, Selasa (20/8/2019) malam.

Baca juga: Ketua Bawaslu Papua Barat Yakin SDM Mumpuni Panwas Minimalisir Kesalahan 

Untuk memastikan laporan akhir hasil pengawasan tersebut layak untuk di publish atau menjadi literasi bagi publik, maka Bawaslu akan melakukan penilaian secara keseluruhan untuk 514 kabupaten/kota. Laporan yang tidak memenuhi nilai parameter yang telah ditentukan, akan dikembalikan kepada Bawaslu kabupaten/kota untuk dilakukan perbaikan dengan supervisi Bawaslu provinsi.

“Kita akan klasifikasi dan nilai paling rendah akan dikembalikan untuk perbaikan dan Bawaslu provinsi akan melakukan supervisi perbaikan ini,” jelasnya.

Baca juga: Bawaslu Tindak Lanjut Laporan Pengabaian Putusan di Jayapura 

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu itu pun menyampaikan setelah laporan akhir 514 kabupaten/kota ini rampung, maka divisinya pun akan berkonsentrasi pada pembinaan kelembagaan kabupaten/kota, terutama untuk 270 daerah yang akan melakukan pemilihan tahun 2020 mendatang.

Editor: Ranap THS

 

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu