• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Laporan Pengawasan Bawaslu Bagian Penting Evaluasi Pemilu 2019

Ketua Bawaslu Abhan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2019 Gelombang I di Makassar Sulawesi, Sabtu 22 Juni 2019/Foto: Nurisman

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, pentingnya pembuatan laporan kerja-kerja pengawasan Bawaslu. Menurutnya, publik tidak akan tahu kerja Bawaslu tanpa adanya laporan yang ditulis secara komprehensif oleh Bawaslu yang ada di daerah.

Demikian disampaikan Abhan di hadapan 14 pimpinan serta koordinator pengawasan Bawaslu tingkat provinsi dalam Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2019 Gelombang I di Makassar Sulawesi, Sabtu (22/6/2019).

Rapat ini juga dihadiri dua Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin dan Rahmat Bagja. Ada pula Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) La Bayoni.

Baca juga: Afif Minta Bawaslu Daerah Dokumentasikan Hasil Kerja Pengawasan

Abhan menyatakan, pembuatan laporan akhir ini merupakan kewajiban Bawaslu sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. "Pelaporan ini adalah tugas pengawasan dan laporan atas seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu. Jadi tidak ada yang tersisa," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pembuatan laporan juga merupakan bagian dari evaluasi yang sudah selayaknya dilakukan sebuah organisasi. Baginya, dalam manajamen organisasi sudah menjadi hal pokok adanya tahapan planning, organizing, actuating, dan evaluating.

"Saya kira kita sekarang dalam tahapan evaluasi. Planning sudah disusun, organizing sudah dilakukan, actuating telah kita laksanakan, sekarang tinggal melakukan evaluasi," urai lelaki kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah tersebut.

Baca juga: Abhan Harap Bukti Bawaslu Jadi Pertimbangan Putusan Hakim MK

Sementara Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan supaya semua divisi yang ada di Bawaslu dalam semua tingkatan untuk membuat laporan akhir. Menurutnya, laporan ini tidak hanya sebagai kenangan indah, namun juga bagian penting evaluasi untuk masa depan lembaga pengawas pemilu.

Bagja menyebut, kerja-kerja teknis seperti memanjat pohon sebagai penindakan penurunan alat peraga kampanye (APK) yang melanggar, akan diketahui semua warga bangsa.

"Saya yakin Bapak/Ibu mampu menuliskan itu. Catatlah kerja keras Anda selama tahapan pemilu ini," tutupnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 12 September 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 11 September 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 22 Agustus 2019 WIB
Tempat :
Kantor Bawaslu RI, Jakarta
Waktu:
Kamis, 2 Mei 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu