• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Imbau Masyarakat Tidak Berkumpul Saat Penghitungan Suara Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Abhan bersama keluarga mencoblos di TPS 02, Desa Klipang dalam Pilwakot Semarang 2020 di Semarang, Rabu (9/12/2020)/foto: Rama Agusta (Humas Bawaslu RI).

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengimbau masyarakat tidak berkumpul saat proses penghitungan surat suara Pilkada Serentak 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal tersebut guna mematuhi protokol kesehatan dan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19.

"Percayakan saja kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Pengawas TPS dan saksi paslon," kataya usai menggunakan hak pilih di TPS 02, Klipang, Sendang Mulyo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu, (9/12/2020).

Dia lantas meminta masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kinerja petugas di lapangan. Mayoritas petugas sudah punya pengalaman mengawasi pesta demokrasi sebelumnya. Abhan meyakini hasil kerja yang dilakukan bisa maksimal dan bisa dipertanggung jawabkan.

"Petugas pasti sudah tahu ada dugaan pelanggaran, saran perbaikan semacamnya. Percayakan saja kepada mereka sepenuhnya," ungkap Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu itu.

Dalam momen pemungutan suara kali ini, Abhan menggunakan hak pilih ditemani istri dan kedua anaknya dalam Pemilihan Walikota/Wakil Wali Kota Semarang 2020. TPS 02 menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Abhan juga mencuci tangan, dicek suhu tubuhnya, dan menggunakan sarung tangan plastik. Pemilih yang menyalurkan hak suaranya hanya dibatasi maksimal empat orang saja.

Usai memilih, Abhan melanjutkan inspeksi ke beberapa TPS di Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SITINJU Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu