• English
  • Bahasa Indonesia

Wapres : Pemilu Jangan Dijadikan Sumber Perpecahan dan Permusuhan

Wapres Ma'ruf Amin memberikan sambutan dalam acara peluncuran Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (25/2/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengimbau supaya ajang pemilihan umum (pemilu) tidak dijadikan sumber perpecahan, permusuhan, dan membuat suasana kehidupan masyarakat tidak kondusif. Menurutnya, tujuan sejati pemilu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan memajukan negara, bukan untuk meraih kekuasaan.

"Dalam pemilu ada yang menang dan kalah. Perbedaan pilihan dalam pemilu adalah yang wajar. Perbedaan itu sesuatu yang harus dihormati," katanya saat memberikan sambutan dalam peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Selasa (25/02/2020).

Wapres Periode 2019-2024 ini meminta para calon kepala daerah untuk tidak menciderai pesta demokrasi dengan memainkan isu Suku, Ras dan Agama (SARA), menebar ujaran kebencian dan hoaks. Ma'ruf khawatir, hal-hal demikian bisa menimbulian kegaduhan ditengah masyarakat.

"Jangan lakulan hal yang merusak dan politsasi sara. Sebaiknya bersaing secara sehat dengan kemampuan yang dimiliki. Kalau ingin dipilih sampaikan kelebihan keunggulan," tutur Wapres berusia 76 tahun itu.

Ma'ruf berharap, pemimpin yang terpilih pada pesta demokrasi tahun 2020 merupakan pilihan terbaik dari rakyat. Pilihan yang didasari oleh visi misi yang disampaikan oleh calon kepala daerah, bukan berdasarkan praktik politik uang.

"Masyarakat harus berani tolak politik uang. Jangan sampai proses pemilu dicederai oleh praktik politik uang. Pilihlah sesuai dengan hati nurani," terangnya.

Lebih jauh, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga meminta kepala daerah yang nantinya terpilih harus jujur, adil, dan amanah mengemban kehendak rakyat. Segala macam kebijakan yang dibuat harus berpihak kepada rakyat. Hal yang tidak kalah penting harus bisa berikan semua kekuatan, waktu dan pikiran yang terbaik untuk memajukan bangsa dan negara.

Foto : Bakti Satrio
Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu