• English
  • Bahasa Indonesia

Tutup SKPP Tingkat Lanjut Gelombang Pertama, Afif: Terpenting Punya Perspektif Pengawasan secara Utuh

Anggota Bawaslu M Afifuddin saat memberikan arahan dalam acara penutupan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat lanjut gelombang pertama di Bogor, Kamis (11/11/2021) malam/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat lanjut gelombang pertama telah resmi berakhir. Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin meyakini para kader pengawas partisipatif akan mampu mengubah wajah demokrasi Indonesia di masa mendatang.

"Kalau Soekarno pernah bilang berikan saya sepuluh pemuda, akan saya ubah wajah dunia, maka Bawaslu hari ini memberikan seratus kader pengawas partisipatif yang akan mengubah wajah demokrasi Indonesia," cetusnya dalam penutupan SKPP tingkat lanjut di Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/11/2021).

SKPP ini telah berlangsung selama tujuh hari. Dari pengamatan Afif, hampir semua peserta terlihat antusias dan aktif dalam melakukan diskusi, praktik serta tanya jawab terkait demokrasi dan pengawasan pemilu. Bahkan, dia mengaku bangga atas hal tersebut.

"Saya melihat kader pengawas sangat aktif dalam forum-forum. Kami bangga dengan situasi yang terjadi di forum ini dan kami yakin ini akan menjadi model yang luar biasa," paparnya.

Afif menegaskan, perbedaan pengalaman hidup para peserta SKPP yang selama seminggu mendapatkan pembekalan sarat makna. Pengalaman tersebut menurutnya akan mengantarkan masa depan para peserta SKPP yang lebih baik lagi.

"Yang paling penting bagi kita, kader pengawas mempunyai perspektif pengawasan secara utuh. Sahabat Bawaslu tahu apa itu jenis-jenis pelanggaran dan bisa menyampaikannya dengan cara-cara riang gembira seperti dengan membuat konten tiktok, youtube dan lain-lain," paparnya.

Terakhir, Afif berharap pengawas partisipatif selalu menjaga komunikasi dan silaturahmi karena keduanya merupakan hal yang penting dalam membangun budaya demokrasi yang lebih baik.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu