• English
  • Bahasa Indonesia

Terbitkan Buku, Bawaslu Jambi Diharapkan Libatkan Akademisi

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan dalam acara Refleksi Pemilu 2019 dan Launching Buku Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Jambi, Kamis 26 Desember 2019/Foto: Bhakti Satrio Wicaksono

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Terbitkan buku hasil pengawasan Pemilu 2019, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menginginkan Bawaslu Provinsi Jambi tetap melibatkan akademisi dalam proses penyelesaiannya. Menurut dia, hal ini menjadi penting sebagai bentuk keterlibatan segala aspek masyarakat, termasuk akademisi.

Keterlibatan akademisi dalam pengawasan pemilu dikatakan Bagja dapat berbentuk kritik karya. Dia menambahkan, walaupun di dalam buku terkandung data penelitian yang terkonfirmasi karena dilakukan oleh mereka yang langsung melakukan pengawasan, akan tetapi kritik terhadap karya sangat penting untuk membina dan meningkatkan kualitas kepengawasan kepemiluan.

"Kita ajak teman-teman akademisi untuk melakukan proses pendewasaan dalam melakukan penyelenggaraan pemilu," jelas Bagja saat menjadi pembicara dalam kegiatan Refleksi Pemilu 2019 dan Launching Buku Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Jambi, Kamis (26/12/2019).

Selain itu, dirinya juga mengajak akademisi untuk terus terus melihat bagaimana lembaga penyelenggara pemilu bekerja melalui hasil pengawasan, pencegahan, dan penindakan melalui sebuah tulisan (buku).

Meski demikian, dia juga menyanjung Bawaslu Jambi karena telah menerbitkan buku sebagai warisan pengetahuan yang bisa ditinggalkan untuk masa depan. Hematnya, buku ini akan menjadi catatan otentik sejarah Bawaslu Jambi dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019.

"Alhamdulillah kita punya sesuatu yang bisa kita tinggalkan ke depan yaitu berupa catatan tulisan hasil dari pengawasan, pencegahan, dan penindakan. Ini patut kita banggakan. Terima kasih telah melakukan beberapa hal yang menurut saya jauh berpikiran ke depan," ujarnya.

Ke depan, dia mengharapkan hasil pengawasan tersebut dapat disebarkan ke perpustakaan daerah, KPU, perpustakaan Bawaslu, dan juga kepada teman-teman akademisi.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio Wicaksono

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu