• English
  • Bahasa Indonesia

Tak Boleh Santai, Bagja: 2021 itu Tahun Evaluasi dan Persiapan Pemilihan Serentak 2024

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja/foto: Robi Ardianto (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan Bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten/ kota untuk tidak santai-santai pada tahun 2021 ini. Dia meminta jajaran pengawas pemilu untuk mengevaluasi gelaran Pemilihan Tahun 2019 dan Tahun 2020 serta menyiapkan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Menurutnya, aspek tata kelola pemilihan negara ini masih menyisakan masalah untuk menghadapi Pemilihan Serentak 2024. Betapa tidak, selain Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dari tingkat kabupaten/ kota hingga nasional yang total ada lima kotak suara, pada tahun yang sama akan dilakukan juga pemilihan kepala daerah (Pilkada). Hal ini kata dia akan membuat beban berat penyelenggara pemilu dalam ajang pesta demokrasi tersebut.

"Karena 2024 Undang Undangnya tidak berubah, kita akan mengalami persoalan yang sama tapi dengan titik dan waktu yang secara berhimpitan waktunya. Misal ketika masuk kampanye (Pemilihan 2024), disitu mulai tahapan pilkada (2024)," ujar Bagja dalam Focuss Group Discussion (FGD) yang digelar DPP Partai Demokrat secara virtual, Sabtu (27/02/2021).

Dia mengungkapkan apabila pilkada dilakukan November 2024 maka pada Desember 2023 itu sudah mulai tahapan pilkada. Sedangkan Desember 2023 itu diasumsikan sudah masuk masa kampanye Pemilihan 2024.

"Nah ini bagi-bagi waktunya bagaimana bagi temen-temen penyelenggara. Inilah persoalan penting yang harus dibahas aspek tata kelola pemilunya," papar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu itu.

Selain itu, Bagja menyebut apabila tahapan Pemilihan 2024 dimulai pada Juli 2022, akan berdeketan dengan masa perpindahan (pergantian) Bawaslu pusat dan KPU pusat. Pergantian akan terjadi pada April 2022.

Sebagai informasi, FGD tersebut juga dihadiri oleh Anggota KPU Viryan Azis serta beberapa penggiat kepemiluan seperti Hadar Nafis Gumay dan Titi Anggraini.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu