• English
  • Bahasa Indonesia

Tahapan Kampanye, Herwyn Minta APK Peserta Pemilu Bisa Perhatikan Lingkungan

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dalam Sosialisasi Kelembagaan Pengawas Pemilu bagi Stakeholder Bawaslu di Balikpapan, Jumat (8/12/2023).

Balikpapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta untuk seluruh peserta pemilu dapat memperhatikan lingkungan saat memasang Alat Peraga Kampanye (APK). Pasalnya, dia melihat masih ada saja yang memasang APK dengan asal-asalan.

"Mari bersama-sama menjadikan Pemilu 2024 yang ramah lingkungan, saya harap pemasangan APK bisa tertib," tuturnya dalam Sosialisasi Kelembagaan Pengawas Pemilu bagi Stakeholder Bawaslu di Balikpapan, Jumat (8/12/2023).

Dalam acara tersebut, Herwyn juga mengajak mahasiswa bersama-sama menjadikan Pemilu 2024 yang ramah lingkungan. Dia mencontohkan, melihat APK yang ditempel di pohon, sebenernya sederhana tapi apabila ditempel di pohon maka dapat merusak lingkungan.

"Saya berharap Pemilu juga bisa memperhatikan lingkungan selain demokrasi. Kita juga harus memperhatikan prinsip ekokrasi atau kedaulatan lingkungan," jelas dia.

Herwyn menyatakan baik jika seluruh komponen berkomitmen bersama untuk menyukseskan Pemilu sekecil apapun yang bisa lakukan. Apalagi dia bilang bisa dengan saling mengingatkan untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak dikehendaki.

"Mahasiswa juga bisa terlibat langsung dengan menginformasikan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan dalam Pemilu dengan apa? Melapor," sambung Herwyn.

Dia menyampaikan jika mendapatkan informasi dan mempunyai bukti terkait pelaporan, hal tersebut bisa disampaikan ke Bawaslu setempat. Terlebih, Herwyn menambahkan jika peristiwa melanggar Undang-Undang.

Penulis: Ratna Dewi ( Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur)
Editor: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu