• English
  • Bahasa Indonesia

Supervisi ke Pesbar dan OKU Timur, Bagja Minta Paslon Tahan Diri Gerakkan Massa

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja diwawancarai awak media massa saat melakukan rangkaian kunjungan ke Lampung dan Sumatra Selatan, Senin 2 Maret 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Krui, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melakukan serangkaian perjalanan supervisi pengawasan dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 di Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan (Sumsel), Senin, (2/3/2020). Bagja menyambangi kantor Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Lampung Barat dan Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumsel. Dia meminta pasangan calon (paslon) kepala daerah menahan diri dalam menggerakkan massa yang bisa menimbulkan kekerasan.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini meminta jajaran Bawaslu Pesbar dan OKU Timur mengawasi isu strategis pelaksanaan Pilkada 2020 seperti masih tingginya tingkat kerawanan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan politik uang.

"Saya sarankan jika ada petahana yang maju pada pilkada di Pesbar dan OKU untuk menjaga netralitas. Calon petahana agar menahan diri tak menggunakan jaringan ASN dalam kampanye menggunakan kewenangan dan program pemerintah daerah serta lainnya," tegasnya di tempat dan waktu terpisah.

Bagja meminta jajaran Bawaslu Pesbar dan OKU Timur terus menyosialisasikan kepada ASN mengenai netralitas, sehingga ASN di lingkungan pemerintah daerah benar-benar netral dan tidak berpihak terhadap salah satu calon bupati dan wakil bupati. "Jika perlu undang bupati dan wakil bupati atau pejabat tinggi lainnya agar netralitas ASN terjaga. Sebab netralitas ASN masih sangat rentan terjadi," ujar Bagja.

Selain itu, dirinya meminta kepada paslon bisa menahan diri untuk tidak menggunakan pendekatan massa dan menimbulkan kekerasan dalam kampanye. Dikatakannya, seluruh sengketa dan penanganan perkara pilkada dapat diselesaikan dengan baik, di mana dalam Pilkada 2020 penyelesaian sengketa sudah dilakukan secara 'online'.

"Semua calon kepala daerah adalah putra terbaik daerah, punya jalan terbaik bukan jalan kekerasan. Diharapkan bisa menahan diri sehingga wilayahnya kondusif terus terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu