• English
  • Bahasa Indonesia

Silaturahmi Penyelenggara Pemilu, Afif Bandingkan Pemilu di Afganistan

Pimpinan Bawaslu, KPU, DKPP, dan Komisi II DPR RI berfoto bersama dalam acara Halalbihalal Bawaslu di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa 18 Juni 2019/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengingatkan akan pentingnya silaturahim, sehingga ketika ada permasalahan akan mudah menemukan jalan keluarnya.

Lelaki yang biasa disapa Afif ini mengungkapkan, momentum halalbihalal pasca hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah amat penting. Baginya, di tengah situasi yang bergejolak seperti sekarang setelah Pemilu 2019 silaturahmi dinilai berhasil merekatkan elit politik yang bersitegang.

"Di momen halalbihalal ini untuk merekatkan kembali silaturahim dan sering ketemu," ujar Afifuddin dalam acara Halalbihalal Bawaslu di hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (18/6/2019) malam.

Baca juga: Afif Harap Bawaslu di Daerah Abadikan Kerja Nyata

Afif menjelaskan, betapa bersyukurnya dirinya sebagai warga negara Indonesia. Dia berasalasan, setiap persoalan bisa selesai hanya menjalin silaturahmi.

Afin membandingkan dan bercerita pengalamannya kala masih menjabat Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) berstatus pemantau pemilu untuk pemilu Afghanistan tahun 2014.

Menurutnya, kala itu, muncul ketidakpercayaan masyarakat setempat dengan hasil pemilu. Bahkan sebuah kelompok aksi sipil, mengklaim tim pengamatnya menemukan hampir sepertiga dari tempat-tempat pemungutan suara di Kabul tidak menggunakan peralatan biometrik tersebut.

"Saya sebagai pemantau heran, yang menentukan keabsahan hasil Pemilu bukan lagi KPU Afghanistan, tetapi petugas PBB. Artinya tidak ada kepercayaan publik kepada penyelenggaranya," akunya.

Baca juga: Sidang di MK, Fritz Jelaskan Pencegahan Hingga Penindakan Netralitas Kepala Daerah

Atas hal itu, Afif berharap silaturahmi antara Bawaslu, KPU, DKPP dan Komisi II DPR RI dapat diintensfikan sehingga dapat membawa keberkahan dalam penyelenggaraan pemilu.

Perlu diketahui, dalam acara Halalbihalal Bawaslu ini turut hadir pimpinan Bawaslu dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro, Ketua KPU Arief Budiman, jajaran komisioner KPU, seperti Hasyim Asy'ari dan Pramono Ubaid Thantowi, Ketua DKPP Harjono dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali.

Ketua KPU pun menyatakan hal senada. Arief bilang, pentingnya silaturahmi antara penyelenggara pemilu. Menurutnya, publik sekarang ini melihat kekompakan antara KPU dan Bawaslu.

Dia pun berharap, silaturahmi bisa terus dilakukan, meski KPU dan Bawaslu kerap berbeda pendapat dalam beberapa hal,. “Namun demi suksesnya pemilu berkualitas, kedua lembaga pemilu harus tetap kompak,” imbuhnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu