• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Tawarkan Pemenang Debat Bekerja di Bawaslu

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro (kanan) saat menjadi juri Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antarperguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2019 di Jakarta, Senin (16/12/2019) malam/Foto: Irwan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengatakan, siap menerima para pemenang Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antarperguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2019. Gunawan percaya bahwa setiap pemenang siap bekerja di Bawaslu.

"Saya janji, juara I, II, dan III bisa bekerja di Bawaslu," katanya saat malam puncak final debat di Jakarta, Senin (16/12/2019) malam.

Gunawan yang juga juri final debat percaya setiap pemenang kompetisi debat memiliki pengetahuan yang baik tentang penegakan hukum pemilu. Dengan demikian, lanjutnya, setiap peserta sudah bisa menjalankan kerja-kerja pencegahan, pengawasan, dan penindakan pemilu.

Dia menambahkan, pemenang kompetisi debat bahkan membuka harapan lebih tentang partisipasi aktif mahasiswa untuk mengawasi Pilkada 2020. "Hebat-hebat, saya tantang untuk mengaplikasikan gagasan pada pengawasan pilkada," ujarnya.

Selain itu, dirinya mengajak peserta debat untuk menuliskan seluruh gagasan dan argumentasi perdebatan. Hal ini akunya karena belum banyak karya ilmiah yang menulis tentang penegakan hukum pemilu dan Bawaslu. "Padahal, buku-buku dan karya ilmiah tersebut dibutuhkan masyarakat untuk memperkaya pengetahuan tentang pengawasan dan penegakan hukum pemilu," tuturnya.

"Saya tantang para pemenang menulis skripsi sesuai dengan tema kompetisi debat ini. Saya siap menjadi pembimbingnya," tantang Gunawan.

Editor: Ranap HS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu