• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu Harap CPNS Lakukan Inovasi Pengawasan Berbasis TI

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro berfoto bersama dengan para CPN Bawaslu usai memberikan ceramah muatan teknis substansi lembaga, Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kelas D Tahun 2019 di Banda Aceh, Rabu 2 Oktober 2019/Foto: Rama Agusta

Banda Aceh, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro berharap kepada calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bawaslu melakukan inovasi dalam membuat pengawasan pemilu berbasis teknologi informasi (TI). Hal itu disampaikan Gunawan saat memberikan ceramah muatan teknis substansi lembaga, Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kelas D Tahun 2019 di Banda Aceh, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: Bawaslu Singgung Akses Silon dan Diksi Panwaslu Saat Uji Publik PKPU 

Gunawan mengatakan, apabila pelaksanaan pemilu mendatang menggunakan metode e-voting, maka sudah barang tentu dalam hal pengawasan dibutuhkan sistem untuk mengawasi proses rekapitulasi surat suara berbasis TI. Menurutnya, hal ini mengingat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 oleh KPU akan meggunakan sistem baru berupa e-recap (eletronik rekapitulasi).

Dia menjelaskan, proses rekapitulasi secara manual memang menjadi salah satu persoalan yang dihadapi dalam pemilu dan pilkada di Indonesia. Untuk itu, sangat diharapkan CPNS Bawaslu terutama berlatarbelakang pendidikan TI bisa membuat inovasi dalam hal pengawasan proses rekapitulasi surat suara berbasis TI.

"Makanya saya tunggu sekali ide dan inovasi para CPNS untuk membuat pengawasan berbasis teknologi," ujarnya.

Selain itu, Gunawan mengungkapkan, ke depan pengembangan inovasi berbasis TI terutama dalam hal pengawasan amat dibutuhkan. Sehingga diharapkan adanya sistem pengawasan pemilu berbasis TI saat rekapitulasi suara dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat kelelahan seperti Pemilu Serentak 2019 lalu.

"Minimal pengawasan pemilu saat rekapitulasi suara berbasis TI dapat menghindari kelelahan para petugas pemilu di TPS," pungkasnya.

Lebih jauh, Gunawan berpesan kepada 40 CPNS Bawaslu yang hadir pada Latsar tersebut untuk menjadi agen perubahan. Sebab para CPNS apabila diterima menjadi PNS, disiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan.

"CPNS berkesempatan emas mengembangkan karirnya untuk mengubah dunia," tuturnya.

Baca juga: Pemilu 2019, Bawaslu Tampung 816 Permohonan Penyelesaian Sengketa 

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Puslatbang Khan Iwan Pujiantoro meyakini, kebangkitan sebuah bangsa dikarenakan bangsa tersebut memiliki karakter. Iwan berpendapat dalam Latsar tersebut, CPNS Bawaslu sudah memiliki karakter itu

"Dengan pelatihan yang sudah didapat, CPNS Bawaslu sudah memiliki karakter membangun bangsa," ujarnya.

Dalam acara itu, turut dihadiri Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Adminitrasi Negara Lembaga Administrasi Negara Faizal Adriansyah dan jajaran pimpinan Panwaslih Nanggroe Aceh Darussalam beserta para staf.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 30 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 29 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 28 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 22 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu