• English
  • Bahasa Indonesia

Sekjen Bawaslu dan Wakil Ketua Komisi II Ajak Perempuan Awasi Pilkada 2020

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat menjadi pembicara Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengajak kaum perempuan di tanah air baik perorangan maupun lembaga turut serta mengawasi gelaran Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah. Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh.

Hal tersebut disampaikan Gunawan dalam acara Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu Se-Indonesia yang dihadiri lebih dari 500 pengawas pemilu dari kalangan perempuan.

"Kita harus bekerjasama dengan Fatayat NU misalnya, Aisyiyah atau organisasi lain. Semua perempuan kita ajak serta untuk ikut mengawasi Pilkada 2020," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Baca juga: Bawaslu Apresiasi Kerja Keras Perempuan Pengawas Pemilu 2019

Gunawan mengungkapkan, sukses Pemilu 2019 juga melibatkan para perempuan tangguh yang turut ambil bagian menjadi pengawas pemilu. Dia menilai, peran tersebut merupakan bukti bakti srikandi pengawas pemilu kepada negeri.

Meski begitu, dirinya menekankan, ada satu tantangan baru dalam menghadapi Pilkada 2020. Gunawan menunjuk, permasalah terkait meningkatkan partisipasi kaum ibu dalam berdemokrasi.

"Mari kita gerakkan para kaukus-kaukus perempuan untuk ikut mengawasi pesta demokrasi Pilkada 2020," ajaknya.

Sementara Nihayatul Wafiroh yang hadir dalam acara menambahkan, kehadiran para perempuan mengawasi pemilu sangat penting. Menurutnya, kehadiran mereka tidak hanya untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan 30 persen dalam demokrasi.

"Kita ingin memberikan poin penting bahwa Anda terpilih sebagai pengawas pemilu. Anda harus menyadari, Anda perempuan dan mewakili kaum perempuan serta menyuarakan suara perempuan," paparnya.

Baca juga: Bawalu Raih Humas Terpopuler, Abhan: Humas itu Penting

Nihayatul berpesan kepada Bawaslu agar memperhatikan kapasitas pembangunan pengawas perempuan. Bawaslu baginya harus melakukan update kemampuan diri terutama di tingkat-tingkat paling bawah.

"Jadi saya minta anggaran khusus untuk capacity building terutama kawan-kawan perempuan agar nantinya bisa bekerja dengan maksimal lagi," pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu