• English
  • Bahasa Indonesia

Sebutkan Tiga Program Unggulan Divisi Pengawasan, Afif: Sebelum Zoom Kita Telah Laksanakan Webinar SKPP

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat memberi pengarahan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Jakarta, Jumat 13 November 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 yang terbagi menjadi tiga gelombang dan diikuti secara virtual maupun tatap muka dimulai sejak 13- 15 November 2020 di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Mochammad Afifuddin menyebutkan tiga program unggulan divisi pengawasan Bawaslu.

Menurut Afif tiga program tersebut yaitu pertama Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang dianggap sebagai inovasi program luar biasa."SKPP ini dianggap sebagai inovasi yang luar biasa dan SKPP daringnya adalah hal lain yang lebih luar biasa saat awal pandemi di saat itu belum musim 'zoom' kita telah melaksanakan webinar dengan SKPP," kata lelaki yang akrab disapa Afif tersebut.

Kedua, lanjut, pria lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu riset. "Berdasarkan data riset bisa mendapatkan temuan untuk merumuskan kebijakan pengawasan di masa yang akan datang," ujarnya.

Lalu aktivitas ketiga, Indeks Kerawanan Pemilu atau Pemilihan (IKP) juga menjadi aktivitas yang mendapatkan sorotan. "Kawan-kawan (Bawaslu) masih ada tugas lagi yaitu memperbaharui IKP menjelang pungut hitung dan nanti IKP terakhir sebelum pungut hitung dilakukan harus merekomendasikan TPS rawan berdasarkan kategorisasi," sebutnya.

Ketua Bawaslu Abhan menqmbahkan sewajarnya divisi pengawasan memiliki tugas yang paling banyak hal itu memang wajar karena merupakan badan pengawasan. "Karena lembaga kita namanya Badan Pengawas Pemilu dan paling banyak kerjanya di pengawasan karena semua tahapan harus diawasi," sebutnya saat membuka Rakornas.

Meski demikian semua divisi memiliki kontribusi masing-masing yang saling berkaitan dan mendukung mulai dari divisi SDM organisasi, divisi hukum, divisi pengawasan, divisi penindakan dan sengketa. "Semua divisi selalu berkoordinasi satu dengan yang lain karena Bawaslu bersifat kolektif kolegial," jelasnya.

Perlu diketahui, Rakornas Pengawasan diselenggarakan sesuai dengan protokol kesehatan, juga dihadiri Kepala Biro (Karo) Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu La Bayoni.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu