• English
  • Bahasa Indonesia

Sambangi Nepal Van Java, Afif: Pengawasan Pemilu Bisa Dimulai dari Obrolan Kecil

Anggota Bawaslu M. Afifuddin (kanan) berbincang dengan para warga lereng Gunung Sumbing. Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Magelang

Kota Mungkid, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Nepal Van Java, julukan sebuah Dusun Butuh di Kabupaten Magelang tak surut antusiasmenya terhadap pengawasan pemilu. Meski tahun 2020 tak ada pilkada, masyarakat Magelang bersama Bawaslu tetap berkegiatan membumikan nilai-nilai pengawasan.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin yang berkunjung di Dusun Butuh pun mengapresiasi semangat tersebut. Afif, sapaan karibnya mengatakan sudah bukan saatnya lagi menempatkan masyarakat sebagai obyek demokrasi. Selayaknya masyarakat harus menjadi subyek (pelaku) demokrasi.

”Masyarakat bukan lagi sebagai objek yang perlu diawasi, namun masyarakat ikut menjaga pelaksanaan demokrasi. Masyarakat ikut berpartisipasi dengan mengawasi pelaksanaan pemilu dan pilkada,” katanya saat berdiskusi bersama warga Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/10/2020).

Pria lulusan Universita Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu menegaskan pengawasan jangan sampai menjadi jarak antara pengawas dengan masyarakat. ”Jadikan aktivitas pengawasan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Pengawasan juga dapat dimulai dari obrolan-obrolan kecil dalam forum seperti ini,” kata Afif.

Seusai berdiskusi bersama warga Lereng Gunung Sumbing, Afif mengaku sangat menikmati keramahan dan antusiasme warga Kabupaten Magelang dalam berbagai kegiatan Bawaslu, termasuk Desa Pengawasan dan Desa Anti Politik Uang (Desa APU).

Dalam kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang Habib Shaleh mengucapkan terima kasih kepada warga Dusun Butuh yang sudah berkenan hadir dan bekerja sama dengan Bawaslu untuk mewujudkan Masyarakat Sadar Demokrasi.

”Terima kasih kepada warga Dusun Butuh yang selalu semangat hadir dalam setiap acara Bawaslu. Kami sudah beberapa kali mengadakan kegiatan, mulai dari kegiatan sosialisasi, launching Desa Pengawasan hingga pembinaan, antusiasme warga selalu baik,” ujar Habib.

Perlu diketahui, Dusun Butuh terletak di punggung Gunung Sumbing yang menjadi salah satu objek wisata yang sedang digemari wisatawan. Dusun Butuh mendapat sebutan sebagai Nepal Van Java karena mirip dengan kondisi Nepal dimana rumah-rumah dibangun di lereng-lereng gunung sehingga terlihat bertumpuk-tumpuk dan tersembunyi diantara awan dan kabut.

Penulis : Alfina Faiqoh (Humas Bawaslu Kabupaten Magelang)
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu