• English
  • Bahasa Indonesia

Rencana Pembaharuan SOTK, Bawaslu Kumpulkan Masukan dari Daerah

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty memberikan arahan dalam Rapat Pemetaan Isu Perubahan Peraturan Bawaslu mengenai Tata Kerja dan Pola Hubungan di Kota Bogor, Senin (25/4/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.
Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam upaya melakukan penguatan kelembagaan, Bawaslu tengah melakukan pembaharuan struktur, organisasi, dan tata kerja (SOTK). Untuk itu, dipetakan sejumlah isu dan masukan dengan mengumpulkannya dari Bawaslu daerah.
 
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menyatakan, niat adanya perubahan divisi di Bawaslu sebagai upaya penguatan lembaga. "Ketua itu menjadi simbol yang bukan saja menjadi ketua para komisioner tetapi juga ketua jajaran kesekretariatan. Apa pun divisinya akan selalu saling mendukung," katanya dalam Rapat Pemetaan Isu Perubahan Peraturan Bawaslu mengenai Tata Kerja dan Pola Hubungan di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (25/4/2022) malam yang dilakukan secara hibrid (daring dan luring) dengan peserta jajaran pimpinan Bawaslu Provinsi.
 
Lolly pun menuturkan, perubahan nama divisi yang dia ampu dari divisi pengawasan menjadi divisi pencegahan, partisipasi masyarakat, dan humas secara esensi tak berubah. "Pencegahan diamanatkan UU dengan kategori segala sesuatu yang belum masuk ranah penindakan itulah pencegahan dari bagian internal. Sementara partisipasi masyarakat bagian pelibatan eksternal  Diskusi ini mendapatkan masukan sehingga harapannya semangat kolektif kolegial menjadi upaya untuk sama-sama maju," jelas dia 
 
Herwyn Jefler Hielsa Malonda menambahkan, Ketua Bawaslu tak memegang divisi agar dari sisi manajerial menedekatkan seluruh komponen yang ada di Bawaslu, termasuk pula tanggung jawab sebagai pengguna anggaran. 
 
"Akan dilakukan monitoring tata laksana dan kesekretariatan dan dirumuskan fungsi koordinator wilayah (korwil) dan wakil korwil yang fungsinya berbeda dengan kordiv. Jajaran sekretariat menjadi mitra kerja dengan memberikan pelayanan sesuai fungsinya," tutur dia. 
 
Acara ini dihadiri pula Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Anggota Bawaslu Totok  Hariyono dan sejumlah pejabat Bawaslu. Rencananya hasil diskusi akan dirumuskan lebih detail.
 
Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Ranap THS
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu