• English
  • Bahasa Indonesia

Puslitbangdiklat Bawaslu Susun Standardisasi Pelatihan Guna Tingkatkan Kompetensi Pengawas Pemilu

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda (kiri) memberikan arahan dalam DKT Identifikasi Kebutuhan Penyusunan Bahan Pembelajaran Peningkatan Kompetensi Khusus dan Tematik Bagi Pengawas Pemilu, Jakarta, Senin (15/5/2023)/foto: Publikasi dan Pemberitaan bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Pusat Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu sedang menyusun standardisasi pelatihan guna meningkatan kompetensi khusus dan tematik bagi pengawas pemilu. Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan, hal itu sebagai langkah penting untuk memastikan terciptanya penyelenggara pemilu yang berkompeten.

"Kompetensi pengawas pemilu meliputi kompetensi dasar, kompetensi teknis, kompetensi khusus, kompetensi tematik, dan kompetensi individual," katanya saat memberikan arahan dalam diskusi kelompok terpumpun (DKT) Identifikasi Kebutuhan Penyusunan Bahan Pembelajaran Peningkatan Kompetensi Khusus dan Tematik Bagi Pengawas Pemilu, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Pentingnya pemberian pelatihan tersebut, kata Herwyn untuk memahami tugas pokok fungsi dengan dibekali kapasitas yang mampu menunjang kinerja dari jajaran pimpinan pengawas pemilu sebagai pengambil kebijakan. Terlebih, kata dia, latar belakang pengawas pemilu yang berbeda, maka pentingnya disusun peningkatan kapasitas tersebut.

"Kajian dan analisis kebutuhan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengawas pemilu akan terus dipertajam melalui penggalian masukan guna menentukan standarisasi kompetensi,"ungkapnya.

"Standarisasi kompetensi yang disusun bertujuan menentukan desain kurikulum, silabus, dan rencana program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan kelembagaan Bawaslu," tegasnya.

Dia berharap melalui kajian dan analisis yang sistematis akan menghasilkan jenis dan model pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Sebagai informasi kegiatan diskusi tersebut juga mengundang narasumber eksternal seperti dari pemerhati pemilu, akademisi, danlainnya.

Editor: Jaa Pradana
Foto: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu