• English
  • Bahasa Indonesia

Puadi Harap Adanya Penanganan Pelanggaran Pemilu Berbasis Keadilan Restoratif

Anggota Bawaslu Puadi (kanan) saat memukul gong sebagai penanda dibukanya Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 di Lombok, Selasa 17 Mei 2022/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Lombok, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Puadi berharap adanya penanganan pelanggaran pemilu yang dapat berorientasi keadilan restoratif. Dia mengatakan langkah tersebut sebagai arah baru kebijakan di era kepemimpinan Bawaslu yang baru.

"Arah kebijakan Bawaslu ke depan itu harus berorientasi pada keadilan restoratif dan tidak melulu keadilan berbasis punishment (penghukuman)," ujar Puadi saat membuka Rakernis Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024, Selasa (17/5/2022).

Keadilan restoratif ini, lanjut Puadi, ditempatkan Bawaslu dalam konteks pencegahan. Artinya, pendekatan ini menurutnya tidak bermaksud untuk diterapkan kepada semua perbuatan yang selama ini dikualifikasi sebagai tindak pidana dalam UU.

"Jadi kita harus push (dorong) keadilan yang sifatnya restoratif itu dalam konteks pencegahan," tegas dia.

Oleh karena itu dia berharap kegiatan Rakernis ini menjadi momunten untuk kembali melakukan evaluasi, sekaligus konsolidasi Bawaslu untuk menyiapkan langkah-langkah ke depan.

"Harapan saya ke depan, secara khusus dapat terwujud lembaga Bawaslu yang dipercaya oleh masyarakat, dan secara umum dapat terwujud penyelengaraan pemilu yang demokratis," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Yusti Erlina menyebut, tujuan diadakan Rakernis tersebut adalah terwujudnya konsep penanganan pelanggaran Pemilu Serentak 2024 yang efektif.

Sekadar informasi, agenda tersebut mengundang 34 Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Provinsi selauruh Indonesia.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu