• English
  • Bahasa Indonesia

Persiapkan PSU Pilgub, Bawaslu Kalsel Tes Antigen Hingga Jajaran Terbawah

Bawaslu Kalsel tengah melakukan tes antigen jelang penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang Pilgub Kalsel 2020 di Kantor Bawaslu Kalsel pada Rabu 2 Juni 2021/ Foto: Henry (Humas Bawaslu Kalsel)
Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur 2020 Kalimantan Selatan (Kalsel), Bawaslu Kalsel pun melaksanakan tes antigen untuk jajaran pengawas. Hal ini untuk memastikan penyelenggara khususnya Bawaslu Kalsel dapat melaksanakan tugas dengan aman.
 
Selain itu Kabag Administrasi Sekretariat Bawaslu Kalsel Maksum Nafarin menjelaskan tidak hanya tes antigen di Bawaslu Provinsi, hingga pengawas Tempat Pemungutan Suara Ulang (TPS) juga akan dijadwalkan melakukan antigen beberapa hari menjelang PSU dilakukan.
 
Maksum menambahkan terkait Alat Pelindung Diri (APD) yang diterima dari Bawaslu Kalsel juga telah didistribusikan ke Pengawas Kecamatan sesuai dengan jumlah Pengawas Desa/Kelurahan dan Pengawas TPS di masing-masing Kecamatan pada hari Jumat 28 Mei 2021. Dia menjelaskan distribusi APD dan Tes Antigen bagi jajaran Bawaslu se Kalsel merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dengan Bawaslu Kalsel. 
 
"Sengaja dilakukan lebih awal, karena semata - mata bentuk kesiapan jajaran Bawaslu Kalsel. Sehingga akan jauh lebih siap dalam melakukan pengawasan dengan protokol kesehatan Pencegahan covid-19,” kata jelas Maksum di Kantor Bawaslu Kalsel, Rabu (2/6/2021).
 
Pada kesempatan yang sama Kepala Sekertariat Bawaslu Kalsel T. Dahsya pun menyatakan disamping kerja-kerja pengawasan yang padat, dukungan APD dan Tes Antigen bagi jajaran pengawas diharapkan membantu kinerja pengawas agar lebih optimal. Selain itu dia juga berharap agar pemilih tidak perlu takut datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada 09 Juni mendatang.
 
“Sekitar 40 orang dari Bawaslu Kalsel yang hari ini telah di swab antigen dinyatakan negatif. Swab antigen ini rencananya akan dilakukan dari pengawas Kecamatan hingga pengawas TPS," tuturnya.
 
Penulis : Adi Bagus (Humas Bawaslu Kalsel)
Editor : Reyn Gloria
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu