• English
  • Bahasa Indonesia

Pengawas Pemilu Kalbar Siap Awasi Pilkada 2020 di Masa Kebiasaan Baru

Ketua Bawaslu Abhan menjadi pembicara dalam forum FGD yang digelar Polda Kalbar. Foto :Humas Bawaslu Kalbar

Pontianak, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menyatakan kesiapan jajarannya yang ada di Kalimantan Barat (Kalbar) untuk mengawasi tujuh Pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Tahun 2020 di masa kebiasaan baru. Tugas pengawasan pemilu menjadi lebih penting dalam rangka mewujudkan pilkada damai yang berkualitas dan bermartabat di era adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dia menekankan adaptasi kebiasaan baru dalam dunia kepemiluan menjadi fokus Bawaslu untuk memfasilitasi jajaran pengawas pemilu dan juga terkait pelaksanaan tahapan pilkada. Sinergitas mekanisme pengawasan dapat dilakukan dengan penguatan koordinasi baik secara langsung atau menggunakan metode daring antar lembaga dan elemen masyarakat.

“Bawaslu siap melaksanakan tugas, kewenangan dan kewajiban terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dimasa tatanan baru berdasarkan perundang-undangan yang berlaku, agar hak-hak Pemilih dan Peserta dapat terpenuhi," terangnya dalam acara foccus group discussion yang digelar Polda Kalbar di Pontianak Kalbar, Selasa (25/8/2020).

Abhan berpesan penyelenggara, peserta pilkada, dan masyarakat supaya berpijak dan bekerja dengan pemahaman yang sama bahwa pilkada 9 Desember 2020 adalah pilkada dalam situasi tak normal. Maka dari itu semua pihak tetap mengedepankan prinsip-prinsip pemilihan dan menjaga kualitas dan legitimasi pilkada.

“Pandemik Covid 19 tidak boleh menjadi alasan yang mengendorkan spirit pengawasan Pilkada, namun pedoman pencegahan penyebaran Covid 19 tetap harus dipatuhi semua pihak," ujar lelaki asal Pekalongan Jawa Tengah itu.

Adapun kegiatan FGD dengan tema “Mewujudkan Pilkada Damai Yang Berkualitas dan Bermartabat Tahun 2020 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” dihadiri oleh berbagai perwakilan elemen masyarakat di Kalbar. Selain itu hadir pula Ketua Bawaslu Abhan, Ketua KPU Arief Budiman, Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto, Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigjen TNI Djaka Budhi Utama dan Gubernur Kalbar Sutarmidji serta Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah.

Fotografer : Humas Bawaslu Kalbar
Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu