• English
  • Bahasa Indonesia

Pelaksanaan Pemilu 2024, Abhan : Perlu Sikronisasi Perbawaslu dan PKPU dalam Setiap Tahapan

Ketua Bawaslu Abhan menghadiri Seminar Nasional Fenomena Pilkada Serentak 2020 dan Resolusi Penyelenggara Menuju Pemilihan Serentak 2024 yang diselenggarakan KPU Kota Semarang, Selasa (23/3/2021). (Foto : Humas Bawaslu Jawa Tengah)

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan mengatakan perlu dilakukan sinkronisasi peraturan KPU (PKPU) dan peraturan Bawaslu (Perbawaslu) menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Untuk menyempurnakan Pemilihan 2024 perlu adanya sinkronisasi PKPU dan Perbawaslu setiap Tahapan supaya bisa berjalan selaras," kata Abhan saat menghadiri kegiatan seminar nasional Fenomena Pilkada Serentak 2020 dan Resolusi Penyelenggara Menuju Pemilihan Serentak 2024 yang diselenggarakan KPU Kota Semarang, Selasa (23/3/2021).

Selain itu, Abhan juga menyebutkan beberapa persiapan krusial yang harus dilaksanakan jelang Pemilu 2024 di antaranya pengawasan daftar pemilih di mana integrasi data kependudukan dan percepatan perekaman harus segera dilakukan, beserta data pemilih khusus dan tambahan.

“Data pemilih merupakan hal krusial dalam menjaga demokrasi bangsa, nyawa bangsa kita sepenuhnya ada dalam suara dan hak pemilih sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pemutakhiran data pemilih," ujar Abhan.

Dia menambahkan soal kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengawas, kekuatan infrastruktur komunikasi, dukungan sekretariat, dan komunikasi dengan pemangku kepentingan harus lebih ditingkatkan guna berlangsungya proses tahapan Pilkada 2024 yang lebih baik.

Evaluasi pelaksanaan Pilkada 2020, menurut Abhan juga dapat memperkuat aturan, serta kebijakan Pemilu 2024.

Di acara tersebut hadir pula anggota DKPP Idha Budhiati dan Anggota KPU RI I Dewa Kade Warsa Raka Sandi.

Penulis : Yusuf Manggala
Foto : Bayu/Dede

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu