• English
  • Bahasa Indonesia

Patroli Pengawasan di Sulut, Herwyn Temukan Beberapa Permasalahan di TPS

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memeriksa surat suara saat melakukan pengawasan di TPS di Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Minahasa Utara, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda menemukan beberapa permasalahan di tempat pemungutan suara (TPS) ketika melakukan patroli pengawasan. Salah satu yang dia temukan adalah mengenai pelarangan membawa telepon genggam ke TPS.

"Ada satu tadi saya sempat menemukan di TPS. Itu langsung saya perintahkan pengawas TPS lakukan saran perbaikan terkait dengan handphone itu. Kan, yang dilarang di bilik suara, bukan dilarang dibawa ke dalam TPS. Jadi semua orang bisa bawa handphone," kata Herwyn saat melakukan patroli pengawasan pada Rabu (14/2/2024) di Sulawesi Utara.

Dia mengingatkan, bahwa semua orang boleh membawa telepon genggam ke TPS, terutama untuk para saksi yang juga berada di dalam TPS. "Saksi, kan, perlu foto dan dokumentasi lain. Kemudian DPK (daftar pemilih khusus), dia harus foto, supaya semua peristiwa terjadi itu bisa dia pantau dan laporkan," imbuhnya.

Dia juga mendapatkan informasi tentang adanya TPS yang terlambat dalam memulai pemungutan suara. Herwyn mengatakan, TPS yang terlambat dalam memulai pemilihan dapat menyebabkan penumpukan pemilih.

Selain itu, masih ditemukannya surat suara tertukar antardaerah pemilihan (dapil) di Kabupaten/Kota bersangkutan dan antar kabupaten/kota. Herwyn juga menyayangkan proses sortir dan pelipatan (sorlip) yang tidak maksimal dilakukan dalam mengecek surat suara yang sesuai untuk dapil di Suatu kabupaten/kota sehingga terjadi surat suara tertukar antardapil," jelasnya.

Meski demikian, Herwyn mengakui pelaksanaan pemilu di Sulawesi Utara saat ini masih dalam kategori baik. Herwyn juga berharap seluruh dinamika yang terjadi saat pemungutan suara dapat diselesaikan sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

Penulis dan Foto: Bhakti Satrio Wicaksono

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu