• English
  • Bahasa Indonesia

Paparkan Renstra 2020-2024 di DPR, Bawaslu Prioritaskan Penegakan Hukum Pemilu

Kiri ke kanan: Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan Anggota Bawaslu M Afifuddin saat menghadiri rapat dengar pendapat di Gedung DPR, Rabu 20 November 2019/Foto: Abdul Hamid

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu memaparkan rencana strategis (renstra) periode 2020-2024 dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR, KPU, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Salah satunya tentang penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, Bawaslu akan memprioritaskan program peningkatan kapasitas aparatur dalam pengawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa pemilu. Bawaslu juga menurutnya akan mengoptimalisasi pembangunan dan pemanfaatan sistem teknologi informasi guna mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penegakan hukum pemilu.

“Serta mengintensifkan penelitian dalam rangka merumuskan kebijakan teknis untuk optimalisasi dan  mengefektifkan penegakan hukum pemilu,” ucapnya di Ruang Rapat Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (20/11/2019). 

Abhan menambahkan, terdapat empat poin yang selaras dengan konteks yang melandasi penetapan arah kebijakan dan program Bawaslu. Dia menjelaskan, program tersebut melanjutkan reformasi sistem dan proses penegakan hukum, pencegahan, dan pemberantasan korupsi, penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia (HAM), dan mengembangkan budaya sadar hukum.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu ini menuturkan, dengan upaya melanjutkan reformasi sistem dan proses penegakan hukum. Bawaslu,lanjutnya, akan mengembangkan sistem dan proses penegakan hukum pemilu yang menjadi ranah kewenangan Bawaslu.

“Komitmen Bawaslu untuk mengembangkan sistem dan proses penegakan hukum pemilu dalam rangka mewujudkan efektifitas penegakan hukum pemilu sebagai prasyarat untuk menghasilkan pemilu yang berintegritas dan legitimasi,” tandasnya.  

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu