• English
  • Bahasa Indonesia

Pantau Tes Kesehatan Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Kaltim, Herwyn Ingatkan Pelaksanaan Tes secara Paralel

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berdiskusi dengan timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kaltim dan tim dari Polda Kaltim di Kantor Polda Kaltim, Balikpapan, Jumat (15/7/2023).

Balikpapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memantau langsung pelaksanaan tes kesehatan dan wawancara calon anggota Bawaslu Kabupaten/ Kota Se-Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam kunjungannya tersebut, dia mengingatkan tim seleksi (timsel) untuk melaksanakan secara paralel tes kesehatan dengan tes wawancara, khusus pada hari yang beririsan waktunya.

"Untuk hal tersebut maka bagi peserta yang telah selesai mengikuti tes kesehatan dapat langsung mengikuti tes wawancara dengan mengikuti pengaturan dari timsel," kata Herwyn saat berdiskusi dengan timsel calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Kaltim dan tim dari Polda Kaltim di Kantor Polda Kaltim, Balikpapan, Jumat (15/7/2023).

Pesan ini juga sesuai dengan Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 485/KP.01/K1/07/2023 mengenai perpanjangan pengumuman hasil tes tertulis dan tes psikologi dan perubahan waktu pelaksanaan tes kesehatan.

Herwyn menjelaskan perpanjangan pengumuman hasil tes tertulis dan tes psikologi dilakukan karena ada beberapa kendala teknis. Salah satu kendala lnya yakni dalam proses memastikan data NIK peserta tes Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota baik yang mengikuti tes tertulis dan tes psikologi di seluruh
Kabupaten/Kota se Indonesia.

"Hal ini mengakibatkan pengumuman dirilis waktunya sangat mepet dengan pelaksanaan tes kesehatan," ujar peraih gelar doktoral di Universitas Brawijaya itu.

Dia mengatakan pelaksanaan secara paralel tes kesehatan dan wawancara dilakukan untuk mengefektifkan waktu bagi peserta yang sudah menyelesaikan tes kesehatan. "Saya harap timsel segera melakukan tes wawancara tanpa menunggu dulu selesainya semua peserta," kata Herwyn.

Adapun seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Kaltim dibagi diikuti oleh 152 peserta yang terdiri dari dua zona. Zona 1 sebanyak 68 peserta dari Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu. Sedangkan Zona 2 sebanyak 84 peserta dari Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Berau.

Editor: Hendi Purnawan
Foto: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu