• English
  • Bahasa Indonesia

Minta Seluruh Jajaran Jaga Nama Baik Lembaga, Totok: Jika Terbukti Melanggar Akan Lapor DKPP

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat menyampaikan arahan saat Orientasi Kelembagaan Anggota Bawaslu Provinsi Terpilih Masa Jabatan 2023-2028 di Jakarta, Kamis malam, (27/7/2023)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono meminta seluruh jajaran Bawaslu wajib menjaga nama baik lembaga. Dia menekankan, seluruh jajaran tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar undang-undang dan peraturan yang berlaku, termasuk tindakan dan langkah tidak boleh keluar jalur.

"Harus saling jaga nama baik, harkat dan martabat lembaga. Kita jaga amanat ini bersama dengan konsep gotong royong," tegasnya dalam Orientasi Kelembagaan Anggota Bawaslu Provinsi Terpilih Masa Jabatan 2023-2028 di Jakarta, Kamis malam, (27/7/2023).

Totok menegaskan jika ada jajaran Bawaslu yang terbukti melanggar undang-undang, maka Bawaslu RI tidak segan untuk melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Karena pengawas pemilu disumpah oleh agama dan undang-undang. Hal itu jangan disepelekan. Jadikan pedoman supaya tidak keluar dari marwah pengawas pemilu," terangnya.

Koordinator divisi hukum dan penyelesaian sengketa ini menuturkan, pimpinan maupun sekretariat tidak boleh membuat kebijakan yang sembarangan. Semuanya, semuanya ujar dia, harus dilandasi oleh undang-undang dan perbawaslu.

Alasannya, aturannya sudah jelas tertulis. Maka harus ditaati oleh semua jajaran. "Penentuan kebijakan jangan jadikan jadikan alat memicu pertempuran psikis. Justru disini alat untuk satukan hati saling terima dan legowo. Masing-masing punya hak. Jadikan pleno ruang tinggi ambil keputusan," ujarnya.

Foto: Hendy Poernawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu