• English
  • Bahasa Indonesia

Miliki Tantangan Sendiri, Herwyn Minta Panwascam Tingkatkan Kualitas Kerja

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan arahan kepada Panwascam se-kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024).

Cirebon, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta Panwascam bekerja lebih baik dari sebelumnya. Terlebih, kata dia, pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan pemilihan umum (pemilu) Presiden dan Wakil Presiden lalu.

"Saya minta Panwascam untuk meningkatkan kualitas dan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Pemilihan kepala daerah memiliki tantangan tersendiri misalnya adanya politik lokal yang berbeda di setiap wilayah," ujarnya saat memberikan arahan kepada Panwascam se-kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024).

Herwyn juga berharap Panwascam tidak sekadar memahami regulasi, tetapi juga dapat menjalankannya sesuai dengan kondisi kekinian dan kearifan lokal di lapangan. Apalagi, kata dia, pengawas ad-hoc memiliki peranan yang sangat strategis yang berhadapan langsung dengan permasalahan faktual di lapangan.

Untuk itu, kata dia, melakukan pengawas pemilihan bukan tugas mudah, sebab harus melakukan seluruh tahapan baik sebelum tahapan dimulai, saat tahapan, dan setelah tahapan dilaksanakan.

"Pengawasan sebelum tahapan dimulai, kita harus bisa memetakan potensi masalah dan bagaimana pencegahannya. Lalu, saat tahapan dimulai, pengawas harus bisa memastikan tahapan tersebut telah sesuai atau tidak sesuai dengan regulasi serta telah sesuai dengan kearifan lokal terkait dengan etika moral dan lain sebagainya," katanya.

"Setelah suatu tahapan, tindakan apa yang harus dilakukan oleh pengawas pemilu jika ditemukan adanya permasalahan dalam tahapan tersebut," lanjutnya.

Dia juga berpesan Panwascam bekerja dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab. Herwyn mengingatkan dalam bekerja, Panwascam harus efektif dan efisien. Memilih dan memilah pekerjaan secara prioritas.

"Saya harap ibu bapak seperti mawar, yang tidak pernah mengklaim harum dan wangi. Seperti itulah kerja-kerja pengawasan kita, tidak perlu mengklaim, dibuktikan dengan menyebarkan kerja-kerja pengawasan, agar wanginya tersebar ke masyarakat," harapnya.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu