• English
  • Bahasa Indonesia

Lolly Ingatkan Pentingnya Interaksi Medos Sebarkan Informasi Pengawasan Pemilu

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (depan kedua dari kiri) saat berfoto bersama dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Kehumasan, Peliputan, dan Dokumentasi, Serta Informasi Publik di Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (10/5/2023), di Manado/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menyoroti pentingnya media sosial (medsos) dalam menyebarkan informasi tentang pengawasan pemilu kepada publik. Dia mengatakan hal ini dapat dilihat melalui interaksi yang terjadi di medsos sebagai tolak ukur efektivitas informasi yang diberikan oleh Bawaslu kepada masyarakat.

"Postingan yang kita sampaikan harus kita cek dapat respon atau tidak? Kalau ada respon berarti ada interaksi. Kalau tidak ada, kita harus evaluasi. Apa yang salah dan kurang tepat? Atau ada yang kurang pas dengan yang dibutuhkan oleh publik," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan Kehumasan, Peliputan, dan Dokumentasi, Serta Informasi Publik di Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (10/5/2023), di Manado.

Lolly menyampaikan di era digitalisasi dengan kerentanan dan dinamika yang ada, Bawaslu dituntut untuk punya kreativitas yang tinggi. Menurutnya, hal tersebut bisa tercapai dengan memproduksi konten original yang memiliki kedekatan dan disukai masyarakat Bawaslu setempat.

Dia juga meyakini, dengan kreativitas yang tinggi, maka bukan tidak mungkin Bawaslu dapat memetakan pelanggaran pemilu yang dilakukan di dunia digital. Sarjana Komunikasi Penyiaran Islam dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung itu mencontohkan dengan fenomena ChatGPT saat ini yang menurutnya bisa memungkinkan terjadinya pelanggaran.

"Jadi ChatGPT ini sangat pintar, yang bisa menarasikan dengan bagus percakapan bahkan sampai suara. Maka ini akan berpotensi memunculkan hoaks dan diinformasikan luar biasa di 2024. Nah ini nanti bisa menjadi tantangan bagi Bawaslu gimana caranya kita bisa selain melakukan mitigasi resiko, juga bagaimana kita bisa melahirkan strategi terbaik dalam konteks pencegahan," Jelasnya.

Selain itu, Lolly juga mengingatkan pentingnya sinergitas di internal juga eksternal. Dalam konteks internal dia mengatakan pentingnya kolaborasi antar divisi dalam memproduksi konten yang faktual, akurat, dan juga kreatif. Sedangkan untuk konteks eksternal, Lolly mengatakan pentingnya sinergitas antara Bawaslu daerah dengan media-media lokal demi tersebarnya berita fakta.

"Jadi yang namanya kehumasan tugasnya juga banyak. Jangan sekedar disampaikan lewat posting saja. Maka menjadi penting karena di tengah tahapan yang berjalan berhimpitan saat tugas sahabat sekalian untuk mempublikasikan informasi tidak boleh sembarangan," tuntas Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat itu.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio W

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu