• English
  • Bahasa Indonesia

Laporan Temuan Pelanggaran Harus Munculkan Eksistensi Bawaslu

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara Rapat Lanjutan Penyusunan Laporan Akhir Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Bogor Jawa Barat, Rabu 14 Agustus 2019/Foto: Jaa Pradana

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyatakan, laporan akhir penanganan pelanggaran Pemilu 2019 harus memunculkan eksistensi Bawaslu sebagai pemutus dugaan pelanggaran pemilu.

Baca juga: Dewi Minta Laporan Penanganan Pelanggaran Pemilu Bernilai Akademis 

Dia menilai, hal ini sangat penting karena ada beberapa putusan Bawaslu yang diabaikan langsung oleh KPU serta secara tidak langsung oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Dewi ingin memperkuat marwah Bawaslu selaku lembaga yang diberikan kewenangan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 untuk memutus dugaan pelanggaran pemilu.

"Nah di situ kita tampilkan berapa putusan yang sudah dikeluarkan, yang ditindaklanjuti dan berapa yang tidak ditindaklanjuti," ungkapnya dalam Rapat Lanjutan Penyusunan Laporan Akhir Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Bogor Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).

Dewi mengatakan, dalam laporan tersebut selanjutnya dianalisa guna mencari kesimpulan sehingga akan menghasilkan saran-saran perbaikan.

Baca juga: Bawaslu Daerah Diminta Jaga Kepercayaan Publik Lewat Laporan Pengawasan 

Perempuan kelahiran Palu itu memandang, pengabaian putusan Bawaslu ini seolah-olah memunculkan masalah kewenangan secara kelembagaan. Padahal, baginya, Bawaslu dan MK punya kewenangan yang berbeda antara subjek dan objek dalam persidangan. Dia mengutarakan, penanganan Bawaslu lebih ke proses pemilu, sementara MK ke hasil pemilu.

"Nanti ada saran perbaikan terhadap penanganan pelanggaran berkaitan dengan proses itu tidak boleh dianulir lembaga manapun. Proses kita sudah punya kewenangan apalagi diperkuat dengan UU 7/2017," pungkasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu