• English
  • Bahasa Indonesia

Kunjungi Pengawas di Sulut, Afif Berikan Penguatan Pengawasan Coklit

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat mengunjungi Bawaslu Kota Tomohon, Sabtu (25/7/2020)

Tomohon, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengunjungi Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut) untuk memantau kinerja pengawas pemilu/pemilihan.  Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi ini juga memberikan penguatan dan dukungan kepada jajarannya agar dalam melakukan pengawasan punya kepercayaan dan kematangan dalam menghadapi setiap tahapan pemilihan. Apalagi kabupaten/kota yang akan menghadapi pemilihan gubernur dan bupati/walikota.

“Kunjungan kami ini untuk memberikan penguatan kepada seluruh jajaran, khususnya untuk panwas kelurahan dan desa yang sedang melakukan pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP),” ujar Afif saat meninjau kesiapan Bawaslu Kota Tomohon dalam menghadapi Pilkada 2020, Sabtu (25/7/2020).

Selain itu Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi ini mengatakan pengawasan tahapan-tahapan dalam Pilkada sangat penting, diantaranya tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih dan tahapan penetapan calon perseorangan. Tahapan-tahapan ini bisa berdampak pada proses sengketa.

“Dalam proses coklit ini kita benar-benar memastikan apakah yang sudah punya hak pilih sudah terdaftar atau sudah memenuhi persyaratan,” ujar Afif.

Lebih lanjut Afif mengingatkan pengawas pemilu/pemilihan di setiap tingkatan mempunyai tugas yang sangat berat karena melaksanakan tugasnya di tengah pandemik Covid 19. Dia berharap pengawas pemilu/pemilihan dalam melaksanakan tugasnya tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya harapkan seluruh penyelenggara terjamin keselamatannya, dengan dilengkapi alat pelindung diri (APD) sampai ke tingkat Pengawas TPS” tegasnya.

Untuk diketahui, Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dan rombongan mengunjungi Bawaslu Kota Tomohon  dan diterima langsung Anggota Bawaslu Kota Tomohon Deisy Telma Soputan, Irvan Dokal dan Steffen Linu. Afif juga menyambangi Bawaslu Kota Manado dan disambut Ketua dan Anggota Bawaslu Manado Marwan Kawinda, Heard Runtuwene dan Taufik Bilfaqih. Selain itu Afif juga mengunjungi Bawaslu Kota Bitung dan Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan. Dalam kunjungan tersebut, Anggota Bawaslu M Afifuddin didampingi  Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) La Bayoni, Ketua Bawaslu Sulawesi Utara, Herwyn Malonda, Anggota Bawaslu Sulut Kenly Poluan, Awaluddin Umbola dan Mustarin Humagi.

Penulis: Bawaslu  Tomohon, Bawaslu Manado, Bawaslu Bitung dan Bawaslu Minahasa Selatan

Foto: Humas Bawaslu Tomohon dan Bawaslu Manado

Editor: Christina Kartika

 

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu