• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Harap Sentra Gakkumdu Makin Baik

Ki-kan: Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo, dan Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memberikan arahan kerjasama tiga instansi dalam Rapat Persiapan Materi Rakornas Gakkumdu di Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019/Foto: Reyn Gloria

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan, penanganan pelanggaran yang dilakukan Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) berbuah manis. Pasalnya, ada jumlah penanganan perkara yang meningkat signifikan.

"Alhamdulillah Pemilu 2019 kita lebih baik dari Pemilu 2014. Bayangkan ada 46 kasus politik yang jadi temuan. Kalau Pemilu 2014 tidak sampai 10 kasus," tutur Dewi, di Jakarta, Rabu (31/7/2019) malam.

Menurutnya, Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten, dan kota menjadi unsur yang patut diapresiasi karena cekatan dalam menangani pelanggaran pemilu. Hal ini disampaikan dalam Rapat Persiapan Materi Rakornas Gakkumdu.

Dalam arahannya, Ratna berharap, evaluasi, monitoring, dan supervisi akan semakin baik dengan ada kerja sama yang dibina dengan pihak kepolisian dan kejaksaan selama ini. "Kuncinya komitmen tiga lembaga ini. Saya berharap hasil pembahasan Rakornas Gakkumdu nanti bisa menjadi dasar untuk diskusi ini," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fritz pun berharap agar Sentra Gakkumdu bisa lebih 'galak' ke depan. Sebab, dirinya melihat Sentra Gakkumdu kerap kali kurang ditakuti karena masih ada yang melakukan pelanggaran dengan tidak memiliki rasa bersalah.

"Lucu juga di zaman modern tidak ada masalah gitu orang bagi-bagi uang dan merasa kebal hukum. Banyak yang merasa Sentra Gakkumdu bukan suatu yang menakutkan," tegas Fritz.

Koordinator Divisi Hukum ini menambahkan, di masa mendatang agar ada diskusi mendalam yang dilakukan Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan. Juga, adanya proses kerja yang lebih intensif dengan belajar dari kasus-kasus di berbagai daerah.

Rencananya, Rakornas Gakkumdu ini akan diselenggarakan 26-28 Agustus 2019 yang dihadiri 34 Bawaslu tingkat provinsi. Dalam rapat ini, Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan akan membahas persiapan kerja Sentra Gakkumdu dalam Pilkada 2020.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text