• English
  • Bahasa Indonesia

Jadi Anggota A-WEB, Dewi: Bawaslu Bisa Jadi Pusat Belajar Dunia

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Malang, Jawa Timur, Jumat 6 September 2019/Muhtar

Malang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo berharap masukya Bawaslu dalam oraganisasi penyelenggara pemilu dunia, The Association Of World Election Bodies (A-WEB) bisa memberikan masukan yang penting dalam membangun kekuatan 'check and balance'. Bahkan, Bawaslu sebagai produk orisinil Indonesia bisa menjadi pusat pembelajaran dunia.

"Bahwa lembaga pengawas yang terpisah dari lembaga penyelenggaraan adalah salah satu strategi penting membangun kekuatan "check and balance'," katanya dalam Rapat Kerja Teknis Penanganan Pelanggaran Pemilu 2019 di Malang, Jawa Timur, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Cerita Afif Bawaslu Terima Piagam Keanggotaan A-WEB di India 

Dewi mengatakan, keberadaan Bawaslu menjadi anggota A-WEB merupakan prestasi yang baik karena Bawaslu telah 'go internasional". Dia berharap, akan banyak berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan negara lain guna memperkuat eksistensi lembaga pengawas pemilu.

"Saya kira ini prestasi yang cukup baik. Akan banyak sharing untuk memperkuat eksistensi pengawas pemilu," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki lembaga pengawas pemilu. Negara-negara lain bisa saja menjadikan Indonesia sebagai contoh lembaga pengawas pemilu.

"Bahkan bisa jadi nantinya Bawaslu menjadi pusat pembelajaran dari negara-negara demokrasi di dunia tentang lembaga pengawas pemilu," kata Dewi.

Baca juga: Jelang Bawaslu Award, Abhan Harap Ada Parameter Baru Dalam Penilaian 

Peresmian dan pencatatan Bawaslu dalam organisasi penyelenggara pemilu dunia disahkan dalam penyelenggaraan The Extraordinary Excecutive Board meeting and The 4th General Assembly of A-WEB di Benglaru, India, Senin 2/9/2019.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Muhtar

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu