• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Minta Kegiatan di Bawaslu Harus Terukur supaya Bisa Dijadikan Evaluasi

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda berikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Terhadap Pengawas Pemilu dan Laporan Akhir Tahun 2023 di Sulawesi Utara, Rabu (27/12/2023).

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta seluruh kegiatan yang ada di Bawaslu harus terukur. Baginya hal ini penting karena ketika suatu kegiatan itu terukur maka akan bisa dijadikan bahan evaluasi supaya ke depannya bisa lebih baik lagi.

"Kalau bisa semua kegiatan Bawaslu itu terukur supaya bisa jadi evaluasi," pinta dia dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Terhadap Pengawas Pemilu dan Laporan Akhir Tahun 2023 di Sulawesi Utara, Rabu (27/12/2023).

Herwyn lantas menyinggung soal pelatihan saksi. Dia berharap nara sumber yang akan melaksanakan pelatihan saksi di TPS sudah melakukan ToT (Training of Traineer) atau semacam workshop di Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten / Kota atau setidaknya mempunyai kapasitas yang baik dalam memberikan materi pelatihan.

"Ini supaya diantara mekanisme pembagian materi, lalu substansinya kita tahu apa yang disampaikan sehingga bisa dipahami dan diimplementasikan oleh peserta pelatihan" ujar Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Puslitbangdiklat itu.

Selain itu, Herwyn juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk menjadi pengawas pemilu yang baik, serta menjaga sikap masing-masing. "Perubahan yang ada (dalam diri pengawas pemilu) harus terkait kapasitas dan kapabilitas kita sebagai pengawas pemilu," tutur dia.

Lebih lanjut, Herwyn berpesan dalam melaksanakan tugas-tugas ke depannya, baik Bawaslu provinsi maupun Bawaslu kabupaten/ kota harus sesuai aturan dan garis struktural organisasi.

"Kami berharap Bawaslu provinsi mengoptimalkan supervisi dan asistensi satu tingkat dibawah, dan Bawaslu kabupaten kota melakukan aksi satu tingkat diatas. Kabupaten kota harus melapor ke provinsi dahulu, baru ke Bawaslu RI," kata Herwyn.

Sebagai informasi, peserta rakor ini terdiri dari ketua, anggota Bawaslu provinsi yang membidangi SDMO, kepala sekretariat, dan kabag provinsi. Hadir pula ketua anggota Bawaslu kabupaten kota yang membidangi SDMO.

Editor: Hendi Purnawan
Foto: Baguz Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu