• English
  • Bahasa Indonesia

Hadapi Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Akan Sempurnakan Siwaslu

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) saat memberikan pengarahan dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019) malam/Foto: Hendi Purnawan

Bekasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, Bawaslu terus berupaya menyempurnakan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) yang telah digunakan pada Pemilu 2019. Menurutnya, kehadiran Siwaslu sangat penting di tengah era digital yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan penyebaran informasi terkait pemilu atau pilkada.

"Penggunaan Siwaslu masih banyak kekurangan. Perlu penyempurnaan agar bisa berguna dalam proses pengawasan maupun saat penghitungan dan rekapitulasi Pilkada Serentak 2020," ucapnya dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (11/10/2019) malam.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) ini berharap, Siwaslu semakin efektif dan akurat dalam menyajikan data hasil rekapitulasi suara. Karenanya, dia meminta perlu menyiapkan sarana dan prasarana dengan baik demi menyempurnakan Siwaslu yang sebentar lagi akan dipakai dalam mengawasi Pilkada Serentak 2020. Termasuk pula kesiapan pengawas di TPS.

"Jajaran (pengawas) Ad hoc merupakan tulang punggung Bawaslu dalam melakukan tugas pengawasan. Kinerja mereka sangat berpengaruh terhadap kelancaran tahapan pemilu maupun pilkada," terangnya.

Kepala Bagian Teknis Pengawasan Pemilu Bawasalu Harimurti Wicaksana menjelaskan, diskusi yang dihadiri oleh 10 Bawaslu tingkat provinsi, tim asistensi, dan penggiat pemilu ini digelar untuk evaluasi penggunaan Siwaslu pada Pemilu 2019. Beberapa hal yang kurang bakal diperbaiki.

"Kita berupaya mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi pada pemilu 2019. Masukan dari peserta diskusi sangat penting," tukasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu