• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ajak Peserta Sekolah Kader Berani Awasi Proses Pemilu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyampaikan arahannya dalam Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua Tahun 2019, Selasa (8/10/2019) malam di Bogor/Foto: Nurisman

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar meminta peserta sekolah kader berani mengawasi dan memantau praktik kecurangan yang dilakukan peserta pemilu. Sebab sebagai alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua Tahun 2019, peserta harus berani melaksanakan tanggung jawab moril dalam melakukan pengawasan partisipatif.

Baca juga: Dewi: Bawaslu Perlu Lakukan Riset Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu ini menyatakan melakukan pengawasan bukan hal mudah dan beresiko, sehingga diperlukan keberanian. ”Kalau Anda siap menjadi pengawas pemilu, Anda siap memberikan hidup anda kepada demokrasi,” tutur Fritz saat menutup Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Angkatan Kedua Tahun 2019 di Bogor, Selasa (8/10/2019) malam.

Fritz mengungkapkan sudah menjadi hal umum jika lembaga tidak senang ketika diawasi. Maka  menurutnya, peserta perlu berani dalam melakukan pengawasan partisipatif dan mengaplikasikan bekal ilmu kepemiluan yang didapat dari sekolah ini.

“Untuk mendukung demokrasi pemilu lebih baik, kewenangan Bawaslu perlu diperluas dan ideal. (Dari perspektif) ketatanegaraan untuk membuat Indonesia lebih baik. Itu adalah tanggung jawab kita," tuturnya.

Baca juga: Bagja Harap Peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Serap Banyak Ilmu

Lebih lanjut Fritz mengungkapkan, sebenarnya manajerial teknis pengawasan tidaklah sulit. Namun, dia beranggapan panjangnya proses pemilu yang harus diawasi menjadikan pengawasan menjadi rumit. Untuk itu, dirinya mengungkapkan perlunya pelibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan.

“Internalisasi bahwa pengawas adalah bagian dari masyarakat untuk membuat demokrasi pemilu jadi lebih baik, jujur, dan adil,” tutupnya.

Editor : Reyn Gloria

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu