• English
  • Bahasa Indonesia

Ferdinand: Persiapan Seleksi 75 Anggota Bawaslu Provinsi Harus Transparan dan Akuntabel

Deputi Bidang Administrasi Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait (tengah) saat memberikan arahan dalam Rapat Persiapan Seleksi Pengawas Pemilu di Jakarta, Senin 7 Februari 2022/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sebanyak 75 anggota dari 25 Bawaslu provinsi masa jabatannya akan berakhir pada September dan Oktober 2022. Deputi Bidang Administrasi Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar Sirait meminta seleksi pembentukannya disiapkan secara baik, transparan, dan akuntabel.

Di hadapan para Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi dalam Rapat Persiapan Seleksi Pengawas Pemilu, Ferdinand meminta untuk menyiapkan model serta praktik kerja seleksi pembentukan yang sesuai dengan aturan. "Ini tugas bersama untuk memastikan apa yang kita kerjakan menghasilkan yang terbaik," katanya di Jakarta, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Apel Perdana Tahun 2022, Bawaslu Siapkan Pengawasan Tahapan yang Lebih Inovatif 

Dia menjelaskan sebagaimana ketentuan berlaku, lima bulan sebelum masa jabatan berakhir Bawaslu harus melakukan persiapan pembentukan pimpinan Bawaslu Provinsi seperti membentuk panitia, tim seleksi (timsel) serta melaksanakan seleksi.

Baca juga: Afif Minta Seluruh Kordiv Pengawasan Siapkan Strategi Jelang Tahapan Pemilu

Ferdinand mengatakan hasil yang ingin dicapai dalam rapat kali ini yakni memastikan pembentukan timsel tepat waktu, memastikan jumlah kebutuhan timsel untuk pembentukan atas 25 Bawaslu provinsi yang akan berakhir masa jabatannya. Lalu teknis pembentukannya menyesuaikan dengan keadaan masa pandemik covid-19 dan harus sesuai pedoman yang berlaku atau petunjuk teknis.

"Teman-teman juga harus memetakan kendala atau potensi yang dihadapi saat pelaksanaan pembentukan agar bisa diantisipasi persoalan yang akan dihadapi," paparnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu