• English
  • Bahasa Indonesia

Empat Jenis Perkara Pemilu Ditangani MA, Ketua Kamar TUN: yang Lain Selesai di Bawaslu

Suasana audiensi Bawaslu dan jajaran hakim agung kamar TUN MA di Jakarta, Senin 10 Februari 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Mahkamah Agung (MA) Supandi menegaskan, hanya empat jenis perkara pilkada atau pemilu yang diterima dan ditangani oleh MA. Selain itu menurutnya diselesaikan Bawaslu.Hal tersebut disampaikannya saat menggelar audiensi bersama Bawaslu di Ruang Pleno MA, Jakarta, Senin (10/2/2020).

"Sengketa pemilu yang bisa masuk MA pertama keputusan KPU terkait verifikasi partai politik, pengumuman daftar calon tetap (DCT), keputusan hasil pemilihan atau pemilu, dan sengketa tentang pelanggaran administrasi pemilihan atau pemilu. Yang lain selesai di Bawaslu," katanya dalam pertemuan dengan Bawaslu terkait potensi permasalahan dalam pencalonan Pilkada 2020.

Pria kelahiran Sumatra Utara, 17 September 1952 itu menegaskan, selain dari keempat perkara tersebut selesai di Bawaslu dan tidak boleh ada yang mempersoalkannya.

"Diluar empat itu 'no way' (tidak mungkin). Semua perselisihan akan ditangani Bawaslu yang mengawal persengketaan- persengketaan. Dan putusan Bawaslu bersifat final dan mengikat," tegasnya.

Dalam kesempatan itu Supandi juga menyebutkan, eksistensi Bawaslu harus semakin diperkuat. "Karena dengan kuatnya Bawaslu pengadilan akan mudah kerjanya," ujarnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Abhan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan MA terhadap kinerja dan tugas Bawaslu. "Kami merasa tersanjung atas apresiasi tugas-tugas kami sebagai quasi pengadilan dan hampir semua putusan kami menjadi pertimbangan kala ada upaya hukum ke MA dan TUN," jelasnya.

Dalam pertemuan ini, Abhan didampingi tiga Anggota Bawaslu, yakni: Fritz Edward Siregar, Rahmat Bagja, dan Mohammad Afifuddin. Hadir pula Kepala Biro Karo Hukum Humas, dan Pengawasan Internal (H2PI) Ferdinand Eskol Tiar Sirait bersama staf divisi Hukum Bawaslu RI.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu