• English
  • Bahasa Indonesia

Dunia Kepemiluan Bakal Berbasis Teknologi, Puadi Minta Pengawas Pemilu Mampu Kuasai

Anggota Bawaslu Puadi memukul gong sebagai tanda dibukanya Rakornas Data dan Informasi Bawaslu di Yogyakarta, Rabu (9/11/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.
Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Puadi meminta para pengawas pemilu untuk menguasai dengan baik teknologi informasi. Menurutnya, dunia kepemiluan bakal banyak memanfaatkan teknologi informasi di masa depan.
 
Dia mengungkapkan ada dua hal kesiapan pengawas pemilu dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, yakni melek teknologi dan mampu memberikan pelayanan data bagi publik. Baginya, hal ini penting karena Bawaslu akan dihadapkan terhadap masyarakat 4.0 yang berbasis pada teknologi informasi. 
 
"Berkaitan dengan urgensi teknologi informasi bagi jajaran Bawaslu, penyelenggara pemilu dituntut menguasasi teknologi informasi, karena kedepan pengawasan pemilu bakal berbasis teknologi informasi, dan yang kedua pelayanan data dan informasi bagi publik," ungkap Puadi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pusat Data dan Informasi Bawaslu di Yogyakarta, Rabu (9/11/2022). 
 
Selain itu, dia mengatakan pengembangan pengawasan berbasis teknologi merupakan salah satu visi Bawaslu. Ini dilakukan supaya mewujudkan pemilu berintegritas.
 
Dalam mengawal pemilu berintegritas, arah dan kebijakan Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin, terang Puadi pertama peningkatan kualitas penanganan pelanggaran dan pengelolaan sistem teknologi informasi serta pelayanan dan informasi kepemiluan bagi publik. 
 
Puadi juga berharap jajaran struktural memberikan dukungan kepada para pimpinan bawaslu daerah dalam hal kegiatan data dan informasi. 
 
“Terkait supporting system kesekretariatan Bawaslu, kedepan para pimpinan jajaran Bawaslu daerah perlu didukung oleh para kepala bagian terkait dengan kegiatan data dan informasi agar kegiatan data dan informasi berjalan dengan baik,” ujar alumnus Universitas Negeri Jakarta itu. 
 
Dalam kegiatan ini, Bawaslu juga memberikan penghargaan/anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2022 ini kepada 34 Bawaslu Provinsi. Dalam penghargaan ini terdapat 32 Bawaslu Provinsi berpredikat informatif dan dua Bawaslu Provinsi berpredikat menuju informatif.
 
Sebagai informasi tambahan kegiatan ini turut dihadiri Kepala Pusdatin Lita Gustina, Tenaga Ahli Bawaslu Divisi PP dan Datin, 34 Anggota Bawaslu Divisi PP dan Datin, Para Kepala Bagian Provinsi, Staf Pengelola PPID Bawaslu Provinsi.
 
Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Baguz Pradana
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu