• English
  • Bahasa Indonesia

DPR dan Pemerintah Apresiasi Suksesnya Gelaran Pilkada 2020 di Tengah Pandemik

Suasana rapat dengar pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa 19 Januari 2021/ foto: Hendru (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Komisi II DPR RI mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu yang sukses menyelenggarakan pilkada di tengah pandemik Covid-19. Salah satunya disampaikan oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Dolli Kurnia Tandjung dalam rapat dengar pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI, Selasa 19 Januari 2021.

Dolli mengatakan masyarakat merasa bangga dengan baiknya pelaksanaan Pilkada 2020. Dia pun mengucapkan ucapan terima kasih kepada Kemendagri, KPU, Bawaslu, DKPP, dan seluruh pihak terkait yang mendukung pelaksanaan pilkada sehingga berjalan sukses.

"Terima kasih kepada Bawaslu RI dan seluruh pengawas sampai tingkat TPS juga mengucapkan belasungkawa kepada keluarga aparat penyelenggara yang gugur pada masa tugasnya," katanya di Gedung DPR RI.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengklaim suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020 mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak baik dalam dan luar negeri. Pasalnya kata dia, Indonesia dapat melaksanakan pilkada dengan aman dan tertib.

"Kami mengapresiasi kepada semua pihak khususnya penyelenggara KPU, Bawaslu, DKPP terlepas dari persoalan yang tentunya ada," kata Tito.

Ketua Bawaslu Abhan mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan baik.

"Mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020," katanya.

Perlu diketahui dalam Evaluasi Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 bersama Komisi II DPR RI, Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP terdapat beberapa kesimpulan yakni.

1. Komisi II DPR RI menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Partai Politik, Pasangan Calon, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan RI, Tentara Nasional Indonesia, Satgas Penanganan Covid-19 dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berperan dan berpartisipasi dalam mendukung terselanggaranya Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang dapat dinilai sukses.

2. Mencermati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, Komisi II DPR RI menilai masih perlu dilakukan evaluasi, diantaranya:
a. Masih terdapat pelanggaran dan sengketa Pilkada;
b. Masih adanya indikasi praktik Politik Uang;
c. Masih ditemukan Permasalahan dalam Daftar Pemilih Tetap;
d. Pelanggaran Netralitas ASN, Polri/TNI;
e. Lemahnya komunikasi dan koordinasi antar Penyelenggara Pemilu

Untuk menindaklanjuti permasalahan Pilkada Serentak Tahun 2020 di atas, Komisi II DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Sebagai informasi, RDP tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dan Mochammad Afifuddin. Hadir pula melalui daring Ratna Dewi Pettalolo dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu