• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi Minta Mahasiswa Ikut Awasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo berbincang dengan para mahasiswa dalam acara Sosialisasi Hasil Pemantauan Pemilu Serentak Tahun 2019 Bersama Perguruan Tinggi Se-Sumatra Barat di Padang, Rabu 30 Oktober 2019/Foto: Reyn Gloria

Padang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo memberikan arahan kepada perwakilan mahasiswa se-Sumatra Barat agar ikut mengambil bagian mengawasi penyelenggaraan Pilkada 2020. Menurutnya, peran milenial sangat dibutuhkan dalam proses demokrasi saat ini.

Dirinya mengungkapkan, selama Pemilu 2019, tidak didapati pelanggaran dari kalangan pemilih pemula atau kaum milenial. Sebab tiga besar pelaku pelanggaran pada Pemilu 2019 adalah masyarakat pemilih, kedua tim kampanye, dan terakhir calon legislatif.

"Mahasiswa harus bisa menjaga jati diri membantu mengawasi penyelenggaraan Pemilu, kalau jati diri hilang, hancur negara ini," tuturnya saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Sosialisasi Hasil Pemantauan Pemilu Serentak Tahun 2019 Bersama Perguruan Tinggi Se-Sumatra Barat di Padang, Rabu (30/10/2019).

Sebagai generasi penerus bangsa, Dewi melihat kaum pemilih pemula atau milenial harus memiliki sikap yang jelas. Perempuan kelahiran Palu ini mengimbau, agar mahasiswa dapat menjaga integritas untuk tidak terjun dalam pelanggaran politik uang.

Dewi berharap, hadirnya kelompok-kelompok muda, dalam pemerintahan saat ini dapat memberikan kontribusi pemikiran yang inovatif dan berpihak kepada rakyat. Sehingga, dia berharap kaum muda dapat mengawal proses politik hingga pengambilan keputusan.

"Kita harus sadari jumlah kaum pemula itu cukup signifikan untuk mempengaruhi hasil Pemilu," tegas Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu tersebut.

Walau begitu, Dewi menyadari pemilih pemula harus lebih bergaul dengan dunia politik yang positif. Dirinya berharap kaum milenial dapat memiliki pengetahuan politik yang memadai dalam menjaga proses pemilu yang jujur dan adil.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020
BAWASLU Memanggil - Rekrutmen PANWASCAM Pilkada 2020

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu