• English
  • Bahasa Indonesia

Dalam Rakor Prioritas Dewan Ketahanan Nasional, Totok Sampaikan Strategi Pengawasan Pilkada 2024

Anggota Bawaslu Totok Hariyono menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Prioritas Nasional 2024 Tentang Strategi Penanganan Terpadu Potensi Risiko Pilkada Serentak Tahun 2024 Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Keamanan Nasional di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Haryono mengungkapkan strategi pengawasan Pilkada Serentak 2024. Salah satunya yaitu strategi pelembagaan konflik musyawarah dalam penyelesaian sengketa pemilihan.

“Konflik kita lembagakan menjadi musyawarah dan diterjemahkan ke dalam perbawaslu,” hal tersebut dikatakan Totok dalam Rapat Koordinasi Prioritas Nasional 2024 Tentang Strategi Penanganan Terpadu Potensi Risiko Pilkada Serentak Tahun 2024 Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Keamanan Nasional di Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Lanjut Totok, menurutnya demokrasi memberikan kesempatan bagi semua orang untuk bermusyawarah, sehingga Bawaslu memiliki dua cara musyawarah yaitu terbuka dan tertutup untuk menyelesaikan konflik pada Pilkada 2024.

“Demokrasi memberikan kesempatan semuanya untuk bermusyawarah, jadi jika ada konflik di Pilkada ada dua cara yaitu musyawarah terbuka dan tertutup sehingga sengketa antar peserta atau peserta dengan penyelenggara bisa kita lembagakan dan ada outputnya yaitu penyelesaian konflik,” ungkapnya.

Dikatakan Totok, jika semua pihak netral yang diatur dalam undang-undang, Pemilu ataupun Pilkada 2024 menjadi aman dan lancar.

“Sepanjang semua pihak, TNI-Polri, ASN, penyelenggara pemilu dan yang diatur dalam undang-undang netral serta tidak ada intervensi maka yakinlah pemilu atau pemilihan semuanya aman,” ucapnya.

Rakor prioritas ini dihadiri perwakilan beberapa lembaga yaitu, Dewan Ketahanan Nasional, Kemendagri, Menkopolhukam dan Bawaslu.

Editor: Hendi Poernawan
Penulis dan Foto:Jaka Fajar Nugraha

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu