• English
  • Bahasa Indonesia

Coklit di Kediaman, Herwyn Minta PKD Awasi Secara Melekat dan Cermat

Proses Pencocokan Data dan Penelitian (Coklit) di kediaman Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda, Kabupaten Minahasa, Jumat, (28/6/2024).

Minahasa, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda meminta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) melakukan pengawasan secara melekat dan cermat selama tahapan pemutakhiran data pemilih (Mutarlih) atau Pencocokan Data dan Penelitian (Coklit) Pemilihan 2024. Pasalnya, data pemilih tersebut akan digunakan saat pungut hitung Pemilihan Kepala Daerah 2024 mendatang.

Harapannya, ujar dia, dengan adanya pengawasan melekat tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal dan tidak lagi dipersoalkan. Juga kata dia, jika adanya masalah data pemilih hal itu dapat memengaruhi hasil pemilihan nantinya.

"Bawaslu mengawasi seluruh proses tahapan, termasuk tahapan pencocokan dan penelitian. Untuk itu, PKD harap melakukan pengawasan yang benar di semua proses coklit, agar hasil yang dicapai tidak menjadi persoalan baik saat pemungutan suara atau setelahnya," katanya seusai pencocokan data pemilih di kediamannya, Jumat (28/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Herwyn juga mengingatkan Pantarlih memiliki kewajiban mengunjungi satu persatu dan pintu ke pintu para pemilih di wilayahnya. Itu bertujuan, kata dia, daftar pemilih yang sedang di sinkronisasi oleh KPU benar-benar sesuai fakta di lapangan.

"Diharapkan pemutakhiran data pemilih ini benar-benar menghasilkan data pemilih yang valid, mutakhir dan kredibel," ujarnya.

Ditempat terpisah, Herwyn mendorong Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) segera memahami regulasi sesuai rezim yang saat ini sedang berjalan, yakni regulasi terkait dengan pemilihan. Diapun meminta Bawaslu daerah untuk melakukan klasifikasi mana yanh terkait dengan regulasi pemilu, mana pemilihan.

"Jangan sampai kita salah, termasuk terkait pengaturan teknis kepemiluannya.
Diskusikan mana yang membedakan antara UU Pemilu dan UU Pemilihan, paradigmanya diubah," pesannya.

Sebagai informasi, Pantarlih telah melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dan istri di kediamannya di Kabupaten Minahasa pada Jumat (28/6/2024).

Editor: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu