• English
  • Bahasa Indonesia

Bersama Suku Anak Dalam, Bawaslu Jambi Deklarasi Pengawasan Pilkada 2020

Salah seorang Suku Anak Dalam memberikan kalung sebagai bentuk ucapan selamat datang di Jambi kepada Ketua Bawaslu Abhan, Sabtu medio Februari 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Provinsi Jambi bersama masyarakat adat Suku Anak Dalam melakukan ikrar sekaligus deklarasi pengawasan Pilkada Serentak 2020. 'Launching' pengawasan secara simbolis dilakukan dengan pelepasan burung merpati di Kawasan Tugu Juang Sipin Jambi, Sabtu (15/2/2020).

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) turut berikrar mendukung terciptanya pilkada yang jujur, adil, dan demokratis. Beberapa komponen masyarakat lain, seperti organisasi masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan juga hadir menyaksikan acara tersebut.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, kesuksesan gelaran Pemilu 2019 harus terulang untuk Pilkada 2020. Karena itu, dia menyebutkan, partisipasi seluruh komponen masyarakat Jambi sangat penting untuk menyukseskan pesta demokrasi kepala daerah itu.

"Alhamdulilah baru saja kita menyaksikan bersama dari FKUB dan masyarakat adat Suku Dalam sama-sama mengikrarkan sukses pilkada. Artinya ini bisa mewakili seluruh masyarakat Jambi siap untuk menyukseskan Pilkada 2020," ujar Abhan dalam sambutannya.

Lelaki asal Pekalongan, Jawa Tengah ini menegaskan, sukse pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara saja, tetapi seluruh komponen bangsa. "Inilah pentingnya partisipasi masyarakat dalam pilkada baik itu hadir pada hari pemungutan dan berpartisipasi mengawasi hajatan pilkada," kata Abhan.

Lebih lanjut, Abhan juga turut turun ke jalan di sekitar Tugu Juang untuk memberikan brosur, stiker, dan kaos berlogo sosialisasi pengawasan Pilkada 2020 di Provinsi Jambi.

Adapun deklarasi Suku Anak Dalam dipimpin oleh seorang Temenggung atau kepala adat. Mereka menyatakan siap mengawal Pilkada 2020 supaya berjalan tertib dan lancar. Mereka juga menolak golput, isu Suku Agama dan Ras (SARA), ujaran kebencian, serta politik uang.

"Bersama Bawaslu Jambi, kami siap mengawasi pemilihan serentak 2020. Kami juga mengajak saudara-saudara untuk mengawasi hari pemungutan dan penghitungan suara," pungkas Temenggung membacakan isi deklarasi.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu