• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Siapkan Penilaian Terukur dan Objektif untuk Bawaslu Award 2019

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin saat memberikan pengarahan dalam Diskusi Terpumpun untuk membahas Penilaian Bawaslu Award Tahun 2019 di Bogor Kamis (26/9/2019) malam/Foto: Andrrian Habibi

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, Bawaslu sewajarnya memberikan penghargaan kepada pengawas-pengawas pemilu dan masyarakat. Menurutnya, pengawas pemilu dan masyarakat sahabat Bawaslu telah membantu menyukseskan penyelenggaraan dan pemantauan Pemilu 2019.

"Kita harus akui, masyarakat telah menaruh harapan besar atas kinerja pengawasan pemilu," katanya di Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019) malam.

Namun, baginya teknis indikator penilaian harus adil. Hal ini untuk menjawab pertanyaan banyak orang. "Berapa jumlah penerima, siapa saja, dan bagaimana cara menentukan penerima penghargaan. Oleh sebab itu evaluasi penilaian dan pemberian penghargaan Bawaslu Award harus adil dengan menyiapkan penilaian yang terukur," ujar mantan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) ini.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menuturkan, setiap penghargaan yang diberikan Bawaslu harus memiliki parameter atau alat ukur penilaian yang jelas. "Terpenting itu ada indikator yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Untuk menyusun penilaian yang objektif, Bagian Sosialisasi Bawaslu menyelenggarakan Diskusi Terpumpun untuk membahas Penilaian Bawaslu Award Tahun 2019. Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) Bawaslu La Bayoni menjelaskan, tim penilai Bawaslu Award ini berasal dari mitra Bawaslu.

"Penilainya (juri) adalah pemerhati pemilu dan perwakilan Bawaslu, sehingga lebih objektif dalam memberikan penilaian," akunya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Andrian Habibi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu