• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Siap Berkontribusi Ciptakan Nilai dan Esensi Pemilu Demokratis di Dunia

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) bersama Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (kanan) mengikuti Internasional Virtual Meeting Global Network on Electoral Justice (GNEJ) di Jakarta, Kamis (30/04/2020).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi menciptakan nilai dan esensi pemilu demokratis di belahan dunia. Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Abhan saat mengikuti Internasional Virtual Meeting Global Network on Electoral Justice (GNEJ) di Jakarta, Kamis (30/04/2020).

“Bawaslu siap berkontribusi menciptakan nilai dan esensi demokrasi pemilu di belahan dunia,” tegasnya.

Meski pandemi Covid-19 melanda, Abhan menegaskan, lembaga pengawas pemilu Indonesia tak pernah berhenti melaksanakan kerja-kerja demokrasi. Salah satu inovasi dan terobosan yang dilakukan Bawaslu ialah menggelar Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) secara online. Abhan mengatakan, SKPP merupakan upaya Bawaslu memberikan edukasi tentang pengawasan kepemiluan kepada masyarakat.

Selain itu, Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah ini juga mengucapkan terima kasih atas peran dan inisiasi institusi GNEJ dalaam memajukan dan memberikan pemahaman pemilu yang jujur, adil dan demokratis di seluruh kawasan negara.

Abhan menekankan, Bawaslu akan terus bersama-sama GNEJ untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberlangsungan sirkulasi kepemimpinan melalui pemilu yang demokratis. Hal ini dilakukan demi menciptakan tatanan equilibrium antara demokrasi dan kesejahteraan manusia di muka bumi.

“Bawaslu ucapkan terima kasih, dan untuk memberikan kontribusi proses demokrasi yang baik di belahan dunia, Bawaslu akan tetap di dalam GNEJ,” tegas Abhan.

Dalam rapat virtual antar lembaga negara yang tergabung dalam GNEJ ini salah satunya membahas rencana penganugrahan award kepada lembaga yang tergabung di dalam GNEJ salah satunya Bawaslu. “Bawaslu mendukung penuh rencana pemberian award ini,” pungkas Abhan.

Diakhir paparan Ketua sekaligus Koordinator Divisi SDM dan Organisasi ini menyampaikan terima kasih kepada dewan pengurus GNEJ yang telah memilih Bawaslu sebagai vice president, dan berharap kiranya dapat dibantu untuk mendukung peran dan kegiatan GNEJ sekaligus dapat mewakili peran partisipasi Lembaga GNEJ di Tingkat Asia.

Editor : Jaa Pradana
Fotografer : Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu