• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Papua Barat Ungkap KPU Maybrat Keluarkan Dua Formulir DB1

Hakim MK Arief Hidayat saat menyaksikan prosesi penyandingan data DB1 di Gedung MK, Jakarta, Jumat 26 Juli 2019/Foto: Jaa Rizka Pradana

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Papua Barat Rionaldo Parera mengaku, jajarannya pengawas pemilu di tingkat bawah tidak pernah diberikan salinan data rekapitulasi C1 (sertifikat hasil penghitungan tingkat TPS) hingga DA1 (sertifikat hasil penghitungan tingkat kecamatan).

Alih-alih memberikan data tersebut, KPU Maybrat justru disebut Parera telah mengeluarkan formulir DB1 (sertifikat hasil penghitungan tingkat kabupaten/kota) sebanyak dua kali.

"Sehingga ada dua data (DB1) di sini," beber Parera dalam sidang pemeriksaan saksi sengketa pemilihan legislatif (pileg) Papua Barat di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Dia menjelaskan, DB1 pertama sudah diberikan kepada Bawaslu dalam bentuk 'soft file'. Sementara DB1 kedua ialah formulir yang dibacakan dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi.

Parera menyebut, data kedua DB1 itu berbeda. Menurutnya, DB1 pertama berbeda dengan DB1 yang dibacakan pada saat rapat pleno tingkat provinsi.

Hakim MK Arief Hidayat lalu meminta kedua data tersebut untuk dilakukan penyandingan. Pihak pemohon Abdullah Manaray serta pihak KPU yang juga diminta menyaksikan penyandingan tersebut.

"Jadi di DB1 pertama, (suara) Abdullah Manaray itu 17, lalu Sanusi 7.121 suara. Di DB kedua yang dibacakan KPU Maybrat di tingkat provinsi, (suara) Manaray 17 tetap lalu Sanusi 9.621 suara," ujar hakim Arief usai penyandingan data.

Anggota Bawaslu Papua Barat lainnya Muhammad Nazil Hilmie menambahkan, terkait dengan permasalahan ini pihaknya juga telah melaporkan KPU Maybrat ke DKPP. "Terhadap adanya dualisme DB1, kami sudah proses etik KPU Maybrat," pungkasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS
Fotografer: Jaa Rizka Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Minggu, 3 November 2019 WIB
Tempat :
Lombok
Waktu:
Jumat, 25 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 22 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Batam
Waktu:
Rabu, 30 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 29 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu