• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Daerah Diminta Cegah Pelanggaran dan Awasi Pilkada dengan Kerja Nyata

Anggota Bawaslu M Afifuddin memberikan kue ulang tahun kepada Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar yang disaksikan Ketua Bawaslu Abhan (kiri) di sela-sela acara Rapat Koordinasi Evaluasi Program Sosialisasi dan Strategi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020 di Bandung, Rabu (27/11/2019) malam/Foto: Robi Ardianto

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengajak seluruh anggota Bawaslu untuk melakukan hal yang berbeda dalam menjalankan fungsi pengawasan dan pencegahan terutama untuk Pilkada 2020 mendatang dengan kerja nyata.

Salah satu hal yang berbeda itu, kata Fritz, dengan tidak hanya sekadar berbicara pengawasan partisipatif semata, melainkan dengan kerja nyata.

"Saya mengajak kita semua untuk melihat sesuatu yang berbeda daripada sebelumnya," katanya dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Program Sosialisasi dan Strategi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020 di Bandung, Rabu (27/11/2019) malam.

Fritz mencontohkan, dengan menggelar acara Bawaslu sehat saat 'car freeday' secara rutin di wilayah masing-masing. Hal itu menurutnya merupakan cara yang berbeda dan tidak memerlukan biaya, namun yang dapat mempengaruhi orang sekitar.

"Ada komponen yang berbiaya dan tidak berbiaya (dalam melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif). Itu satu hal dari banyak hal yang bisa dilakukan agar proses pengawasan sosialisasi dan partisipatif bisa nyambung," jelasnya.

Anggota Bawaslu Mohammad Afifuddin menambahkan, perlu adanya hal yang berbeda dalam penjenamaan kelembagaan. Hal itu bertujuan agar lebih mudah ditangkap publik.

"(Perlu kiranya untuk) Memunculkan diferensiasi kelembagaan kita (Bawaslu) dalam melakukan cegah, awas, tindak saya rasa itu telah dikerjakan oleh kita semua," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Abhan menegaskan Bawaslu harus membuat penjenamaan kelembagaan yang positif. Pasalnya kata Abhan, Bawaslu membutuhkan pastisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

"Kita branding (penjenamaan)-nya tidak negatif, tetapi positif karena partisipasi masyarakat merupakan sebuah keniscayaan yang kita harapkan dari proses pengawasan ini tidak mungkin kita berjalan sendiri tanpa partisipasi masyarakat," sebutnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu