• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu akan Rancang Modul Baru yang Mudah Dipahami Bagi Saksi Parpol

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty saat membuka kegiatan Pengembangan Modul Tahap 1, Konsolidasi Partai Politik Menuju Penguatan Saksi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, di Jakarta, Senin malam, (10/7/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menuturkan, saat ini Bawaslu sedang merancang modul pelatihan saksi partai politik (parpol) untuk Pemilu 2024. Nantinya modul tersebut akan digunakan oleh para saksi saat menjalankan tugasnya pada tahapan pungut hitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Modul ini kami rancang supaya memudahkan tugas dari para saksi parpol. Sehingga bisa memberikan hasil pengawasan yang maksimal," katanya saat membuka diskusi Pengembangan Modul Tahap 1, Konsolidasi Partai Politik Menuju Penguatan Saksi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024, di Jakarta, Senin malam, (10/7/2023).

Dikatakan Lolly, dalam proses pembuatan modul, Bawaslu tidak bisa bekerja sendirian. Maka harus melibatkan para pemantau pemilu dan pihak parpol. Keduanya diminta untuk memberikan masukan atau kritikan kepada Bawaslu dalam menentukan model modul yang dibutuhkan dan mudah dimengerti oleh para saksi.

"Kami libatkan teman-teman pemantau yang sangat handal dalam pemilu, karena kami yakin teman bisa berikan tips menjadi saksi yang handal. Terutama jika terjadi permasalahan saat proses pungut hitung, saksi harus bisa ambil tindakan," tuturnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat periode 2018-2022 ini mengakui terdapat beberapa kekurangan pada modul pelatihan saksi parpol yang sebelumnya. Oleh sebab tersebut, dia menegaskan tidak ingin hal serupa terulang kembali dan kekurangan dalam modul yang sedang dirumuskan harus segera diperbaiki dan disesuaikan.

"Kami membuat modul yang mudah dibaca dan dimengerti. Supaya satu atau dua kali sudah bisa dipahami. Maka dibutuhkan kreatifitas, keunikan dan detil untuk akomodir kebutuhan para saksi," tuntas Lolly.

Editor: BSW

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu