• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Sebut Pentingnya Pelembagaan Konflik dalam Proses Pemilihan

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Pengaturan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Berdasarkan Perbawaslu 2/2020, Selasa 5 Mei 2020/Foto: Robi Ardianto (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan penting adanya pelembagaan konflik dalam proses proses pemilihan (pilkada). Menurutnya, KPU sebagai penyelenggara utama memiliki kemampuan untuk melakukan pemberhentian proses calon kepala daerah dengan cara tidak memenuhi syarat (TMS) atau Mememenuhi syarat (MS).

"Penting untuk melembagakan konflik dan proses penyelesaian sengketa adalah proses pelembagaan konflik," katanya saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Pengaturan Penyelesaian Sengketa Pemilihan Berdasarkan Perbawaslu 2/2020, Selasa (5/5/2020)

Pria lulusan fakultas Hukum, Ultecht University di Belanda tersebut menyebutkan, KPU yang memiliki kewenangan untuk menentukan calon kepala daerah itu bisa lanjut atau tidak, sementara Bawaslu tidak terlibat dalam rapat pleno tersebut, maka dia menegaskan laporan hasil pengawasan menjadi penting untuk dapat menilai apakah proses itu bisa menjadi konflik atau tidak.

"Sebab kalau hal itu menjadi konflik dan tidak ada pelembagaan konflik maka bisa terjadi kisruh di lapangan. Sudah menjadi dasar ketika kompetisi meraih kekuasaan akan melahirkan konflik, pasti akan terjadi konflik," sebutnya.

"Maka dari itu, perlu disalurkan konflik ini di tempat-tempat yang benar dan proses penyelesaian sengketanya terbuka agar masyarakat puas terhadap hasilnya," sambungnya.

Pentingnya pelembagaan konflik ini, lanjut Bagja, bertujuan konflik di lapangan bisa diselesaikan sesuai dengan koridor dan tidak muncul permasalahan terjadi kemudian. Apalagi, terjadi konflik sesama pendukung calon. "Maka, konflik tersebut akan diselesaikan dalam ruang sidang terbuka," imbuh dia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu